Logo Doxadigital
18 Oktober 2022 

Ingin Bangun Bisnis Ekspor? Ini 6 Cara Manfaatkan International SEO untuk Bisnis Anda

Ingin Bangun Bisnis Ekspor? Ini 6 Cara Manfaatkan International SEO untuk Bisnis Anda

Apakah Anda berencana melakukan ekspansi bisnis di banyak negara? Atau ingin memulai usaha Bisnis Ekspor?

Seperti yang kita ketahui, Bisnis Ekspor merupakan proses perdagangan yang berasal dari dalam negeri yang dijual di luar negeri. Tentunya Bisnis Ekspor ini bisa sangat menguntungkan bagi pengusaha maupun negara asal penjual. Dalam membangun Bisnis Ekspor, seorang eksportir memerlukan sebuah website untuk keperluan marketing dalam memperkenalkan produk sesuai dengan target lokasi pasar.

Memiliki website bisnis merupakan strategi yang dilakukan perusahaan ekspor untuk mempermudah pelanggan dalam mencari informasi produk pada mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, dll. Jika Anda merupakan seorang Exportir, bekerja pada perusahaan Bisnis Ekspor atau yang sedang ingin mengembangkan sayap bisnis ke luar negeri, artikel ini cocok bagi Anda yang ingin membangun dan meningkatkan Bisnis Ekspor melalui sebuah website untuk penargetan geografis suatu atau beberapa negara melalui strategi International SEO atau bisa disebut SEO Global.

Apa itu International SEO?

International SEO adalah strategi untuk proses optimasi sebuah website agar lebih mudah menentukan bahasa dan lokasi berdasarkan target audiens. Sehingga audiens dapat dengan mudah menemukan halaman informasi berdasarkan negara atau bahasa yang mereka gunakan.

Mengapa Anda Memerlukan Strategi SEO Internasional?

Bayangkan website yang sudah Anda bangun tidak menyasar target yang sudah ditentukan, atau audiens yang Anda tuju tidak paham akan konten informasi produk yang ada dikarenakan bahasa tidak sesui dengan negara tujuan. Strategi penggunaan website sebagai tools marketing Anda akan menjadi tidak maksimal bahkan tidak berfungsi sama sekali. Tentunya Anda akan menghindari hal ini kan?

Sehingga dengan menerapkan strategi ini, halaman web Anda dapat dengan mudah muncul di hasil pencarian orang-orang yang berada di negara target pasar.

Pahami Cara Kerja International SEO

Ketika mesin pencarian melakukan index kepada suatu website, mesin pencarian akan menangkap sinyal geotargeting yang telah disediakan pada website tersebut. Geotargeting adalah menargetkan kata kunci / keyword berbeda dari negara yang berbeda. Dengan melacak alamat IP dari setiap user yang melakukan pencarian, mesin pencarian akan mencocokkan hasil pencarian dengan bahasa dan lokasi user tersebut.

6 Cara Memanfaatkan International SEO Pada Website Bisnis Anda

Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Sama dengan halnya dengan membangun Bisnis Ekspor atau mengembangkan bisnis secara global, Anda harus melakukan riset negara mana yang memiliki potensi besar yang akan dijadikan target Anda. Jika Anda sudah memiliki website yang sudah berjalan sebelumnya, Anda juga bisa memanfaatkan data demografis visitor seperti dari negara mana mereka berasal atau bahasa apa yang mereka gunakan, negara mana yang memiliki konversi transaksi yang besar pada website Anda, dan sebagainya.

Selain itu, Anda perlu melakukan riset mesin pencarian mana yang paling umum digunakan oleh suatu negara. Misalkan di negara China orang lebih banyak menggunakan Beidu.com, di Jepang lebih banyak penggunakan Yahoo.co.jp, Korea Selatan menggunakan Naver, di Rusia banyak pengguna Yandex, dan lainnya. Jika Anda ingin mengoptimalkan mesin pencarian lain, pastikan jumlah pengguna sesuai dengan strategi pemasaran Anda.

Yang terpenting dalam riset adalah, apakah negara tersebut memiliki volume pencarian dan memiliki tingkat konversi yang tinggi, sehingga fungsi webstie Anda tidak hanya berfungsi sebagai eksistensi saja tetapai dapat menghasilkan keuntungan bagi Anda.

Riset Kata Kunci / Keyword

Tidak hanya Local SEO, dalam menerapkan international seo, Anda perlu melakukan riset kata kunci. Risetlah kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, bagaimana trend, volume pencarian, tingkat kompetisi keyword tersebut di suatu negara.

Terapkan kata kunci yang sudah direset pada halaman maupun konten yang informatif pada website Anda. Diharapkan dengan riset ini, website Anda mendapatkan ranking website pada halaman pertama mesin pencarian untuk kata kunci yang telah ditargetkan.

Membuat Struktur URL pada Domain Website

Anda dapat menggunakan beberapa pilihan struktur URL yang dapat menargetkan negara tertentu pada situs web Anda, diantaranya adalah:

  • Country Code Top-Level Domain (ccTLD): Sebuah domain yang membawa identitas suatu negara biasanya terdiri dari dua huruf yang menjelaskan dari negara mana sebuah website terdaftar. Contohnya:
  1. doxadigital.id
  2. doxadigital.us
  3. doxadigital.my

Kelebihan: Sinyal terbaik bagi mesin pencarian dan merupakan cara termudah untuk mendapatkan ranking lokal di negara tersebut. 

Kekurangan: Biaya pemeliharaan yang mahal dan setiap situs memiliki domain authority yang berbeda.

  • Sub-domain: Anda juga dapat menggunakan sub-domain untuk menunjukan situs internasinal website Anda. Sehingga Konten internasional ditempatkan pada "domain tingkat ketiga" terpisah yang mungkin akan memiliki perbedaan dengan dengan domain utama. Contohnya:
  1. id.doxadigital.com
  2. sg.doxadigital.com
  3. uk.doxadigital.com

Kelebihan: Lebih mudah pemeliharaannya dibandingkan ccTLD

Kekurangan: Sinyal yang lemah bagi mesin pencarian dan pengguna lebih suka menjelajah secara lokal.Sinyal yang lemah bagi mesin pencarian, Dapat melemahkan otoritas domain, dan pengguna lebih suka menjelajah secara lokal.

  • Sub-directory: Konten internasional ditempatkan pada subdirektori atau subfolder tertentu dari domain root. Contohnya:
  1. doxadigital.com/id
  2. doxadigital.com/fr
  3. doxadigital.com/th

Kelebihan: Pemeliharaan yang lebih mudah dibanding ccTLD dan Domain Authority yang sama dengan domain utama.

Kekurangan: Sinyal yang lemah bagi mesin pencarian dan pengguna lebih suka menjelajah secara lokal.

  • gTLD dengan Language Parameter: Domain tingkat atas umum (seperti .com, .net, atau .org) ditargetkan ke penutur bahasa tertentu dengan menambahkan parameter URL. Contohnya:
  1. doxadigital.com/?lang=id-id
  2. doxadigital.com/?lang=en-us
  3. doxadigital.com/?lang=en-uk
Penerapan struktur URL untuk optimasi International SEO

Menggunakan Tag HREFLANG

Gunakan Tag hreflang untuk menunjukkan kepada mesin pencarian bahasa mana yang digunakan. Contoh:

<link rel="alternate" href="https://www.doxadigital.com/jp" hreflang="jp-jp"/>

Contoh diatas menjelaskan kepada mesin pencarian bahwa terdapat konten versi alternatif yang tersedia dalam bahasa Jepang.

Dengan menggunakan hreflang, mesin pencarian tidak akan mengindeks konten versi alternatif (hanya konten utama) namun Anda tidak perlu khawatir, versi alternatif masih bisa mendapatkan rangkin pada negara dan bahasa sesuai sinyal yang diberikan.

Sesuaikan Konten Website Bisnis Ekspor Anda Dengan Bahasa dan Budaya

Buatlah konten yang menyediakan informasi yang sesuai dengan target audiens. Gunakan bahasa lokal, mata uang, zona waktu dan kontak informasi agar dapat memberikan sinyal ke mesin pencari bahwa konten Anda cocok dengan audiense. Perhatikan juga penggunaan bahasa dan budaya, hati-hati dalam menggunakan bahasa dan konten yang ambigu atau sensitif. Buatlah konten yang sesuai dengan budaya di negera tujuan.

Melakukan Strategi SEO Terbaik

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah upaya untuk optimasi SEO untuk website Bisnis Ekspor Anda. Optimasi SEO dapat memudahkan mesin pencari dalam membaca dan memahami (indeks) setiap konten pada website Anda, membuat ranking untuk suatu kata kunci dan merekomendasikan website Anda dan mengarahkan calon visitor internasional Anda untuk menelusuri bisnis. Strategi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan optimasi On-Page, Off-Page maupun optimasi teknikal lainnya.

Tips

  1. Jangan menggunakan Translator Otomatis dalam menerjemahkan bahasa lokal. Melakukan kerja sama dengan penerjemaah bahasa, penutur bahasa asli, dan lainnya akan membuat website Anda dapat terbaca lebih sesuai dengan bahasa dan budaya.
  2. Pastikan Navigasi, Konten dan Help Desk yang terdapat pada website menggunakan bahasa lokal yang ditargetkan.
  3. Hidari dalam penggunaan cookie atau skrip untuk menampilkan halaman versi bahasa yang berbeda. Mesin pencarian tidak dapat merayapi jenis konten dinamis tersebut, dan pengguna manusia mungkin juga tidak dapat melihatnya.
Konsultasi SEO

Kesimpulan

Seperti yang kita ketahui banyak terdapat manfaat SEO untuk Bisnis. Dengan SEO, Anda dapat menjalankan strategi pemasaran jangka panjang secara organik yang relatif lebih murah dan efisien. Memiliki Bisnis Ekspor atau menginginkan mengembangkan bisnis secara global, perlu penanganan khusus dalam melakukan membangun sebuah website. Anda juga bisa menggunakan Jasa SEO Profesional untuk membantu dalam membuat strategi SEO penerapan International SEO pada website Bisnis Ekspor Anda.

Please follow and like us:
crossmenu