Fraud Blocker
Logo Doxadigital
11 Januari 2023 

Iklan di TikTok Ads untuk Pertumbuhan Bisnis Anda

Iklan di TikTok Ads untuk Pertumbuhan Bisnis Anda

TikTok telah menjadi salah satu aplikasi media sosial yang paling populer di Indonesia, mengalami perkembangan yang cepat dan signifikan sejak diluncurkan di pasar Indonesia pada tahun 2018. Di Indonesia, pengguna akun TikTok didominasi oleh anak muda dan remaja, dengan konten yang sangat beragam, mulai dari musik, fashion, komedi, hingga tutorial.

Pertumbuhan pengguna TikTok di Indonesia sangat pesat, dalam beberapa tahun terakhir TikTok telah menjadi aplikasi media sosial terpopuler di Indonesia, dengan jumlah pengguna yang sangat besar, yaitu lebih dari 75 juta aktif bulanan.

Pemerintah Indonesia juga telah mengenakan regulasi pada TikTok, yang mengharuskan aplikasi ini untuk memasang moderasi konten video tiktok yang di upload.

Selain itu, TikTok juga menjadi platform yang digunakan oleh banyak perusahaan dan brand untuk melakukan promosi produk atau jasa, mengingat jumlah pengguna yang sangat besar. TikTok juga menjadi salah satu platform yang digunakan oleh creator atau influencer untuk meningkatkan popularitas dan mendapatkan pendapatan dari konten yang mereka buat.

TikTok telah menjadi platform yang penting bagi komunitas digital di Indonesia. Seiring dengan perkembangan teknologi, TikTok juga terus mengembangkan fitur baru dan iklan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan perusahaan di Indonesia, fitur ini dikenal dengan TikTok Ads.

Pengertian TikTok Ads

TikTok Ads adalah jenis iklan yang ditampilkan di aplikasi TikTok, yang merupakan platform sosial yang mengutamakan video pendek. Iklan TikTok dapat ditargetkan ke audiens yang spesifik berdasarkan kriteria seperti usia, lokasi, minat, dan lainnya. TikTok menawarkan beragam jenis iklan, termasuk iklan dalam bentuk video, iklan dalam bentuk karousel, dan iklan dalam bentuk iklan yang ditampilkan di dalam aplikasi. Beberapa contoh jenis iklan yang ditawarkan di TikTok meliputi iklan yang ditampilkan di sebelah kiri atau kanan layar saat pengguna menonton video, iklan yang ditampilkan sebagai sebuah video yang dapat disenangi, dan iklan yang ditampilkan sebagai sebuah link yang mengarah ke situs web eksternal.

Kenapa Anda Harus Beriklan di TikTok?

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus beriklan di TikTok:

  1. Jangkauan yang luas: TikTok memiliki jumlah pengguna yang sangat besar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, sehingga iklan Anda dapat menjangkau audiens yang luas dan beragam.
  2. Targeting yang tepat: TikTok menyediakan berbagai fitur targeting yang dapat digunakan untuk mencapai audiens yang tepat, seperti targeting berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan lainnya.
  3. Format iklan yang beragam: TikTok menawarkan beragam format iklan, termasuk iklan dalam bentuk video, iklan dalam bentuk karousel, iklan yang ditampilkan di dalam aplikasi, dan lain-lain.
  4. Kreativitas: TikTok menyediakan platform yang luwes untuk kreativitas, banyak creator yang membuat konten yang menarik yang dapat digunakan oleh brand dan perusahaan untuk menciptakan iklan yang unik dan menarik.
  5. Efektif: Pengguna TikTok cenderung memiliki tingkat engagemen yang tinggi dengan konten yang mereka lihat, sehingga iklan di TikTok dapat sangat efektif dalam meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan.
  6. Populer di kalangan anak muda: TikTok sangat populer di kalangan anak muda dan remaja, sehingga jika Anda ingin menjangkau audiens dengan usia yang lebih muda, TikTok merupakan pilihan yang baik.
  7. Biaya iklan yang terjangkau: TikTok menawarkan biaya iklan yang terjangkau dan fleksibel, sehingga dapat digunakan oleh perusahaan dan brand dari berbagai ukuran.

Secara keseluruhan, TikTok adalah platform yang menarik dan efektif untuk beriklan, terutama jika Anda ingin menjangkau audiens yang luas dan beragam serta filter target sasaran iklan yang menunjukkan tingkat engagement yang tinggi dengan konten di platform ini.

Jenis-Jenis Iklan di TikTok

TikTok menawarkan beragam jenis iklan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan brand yang berbeda berdasarkan penempatan iklan pada platform tiktok, beberapa jenis-jenis TikTok ads yang perlu diperhatikan :

  1. Brand Takeover: Iklan ini ditampilkan sebagai halaman loading saat pengguna membuka aplikasi TikTok, dan berisi video atau gambar yang dapat disenangi dan mengarahkan pengguna ke profil atau konten brand.
  2. In-Feed Video Ads: Iklan dalam bentuk video yang ditampilkan di dalam feed pengguna, yang dapat disenangi atau di skip oleh pengguna.
  3. Hashtag Challenge: Iklan ini mengajak pengguna untuk mengambil bagian dalam tantangan hashtag tertentu yang dibuat oleh brand, yang memberikan kesempatan untuk meningkatkan brand awareness dan engagemen pengguna.
  4. Brand Lens: Jenis iklan ini menyediakan efek AR yang dapat digunakan oleh pengguna dalam video mereka, sehingga meningkatkan brand awareness dan engagemen pengguna.
  5. Branded Effect : jenis iklan yang memungkinkan brand untuk membuat efek yang dapat digunakan oleh pengguna pada konten mereka.
  6. Branded Hashtag: Iklan ini mengajak pengguna untuk menggunakan hashtag tertentu yang dibuat oleh brand dalam konten mereka, yang meningkatkan brand awareness dan engagemen pengguna.
  7. Branded Emoji: iklan yang menyediakan custom emoji yang dapat digunakan oleh pengguna dalam komentar atau caption video mereka.
  8. In-app Purchase: jenis iklan yang menawarkan pengguna untuk melakukan pembelian di dalam aplikasi, seperti membeli produk atau game.
  9. Lead Generation: jenis iklan yang mengajak pengguna untuk memberikan informasi kontak mereka, seperti alamat email atau nomor telepon, untuk mendapatkan tawaran atau materi promosi dari brand.

Stuktur Dasar TikTok Ads

TikTok akan membantu Anda untuk membuat, mengelola, dan mengoptimalkan kampanye iklan yang efektif di platform ini. Sehingga iklan video TikTok dapat sesuai dengan target Anda. Struktur dasar iklan TikTok terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu:

  1. Campaign: Merupakan komponen utama dari struktur iklan TikTok, dimana seluruh iklan yang dibuat dikelompokkan dalam kampanye yang sesuai dengan tujuan dan strategi iklan yang diinginkan.
  2. Ad Group: Dalam kampanye, iklan dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok iklan atau "ad group" yang dibedakan berdasarkan targeting audiens yang diinginkan, format iklan, dan lainnya.
  3. Ads: Merupakan komponen akhir dari struktur iklan TikTok, yang mewakili iklan yang akan ditampilkan ke audiens yang ditargetkan. Setiap iklan dapat terdiri dari satu atau beberapa elemen, seperti video, gambar, teks, dan link.
  4. Budget and Bidding: Setiap kampanye dan ad group di TikTok harus memiliki anggaran dan pemasangan yang ditentukan. Pengguna dapat memilih pemasangan iklan berdasarkan CPM (biaya per seribu tayangan) atau CPC (biaya per klik)
  5. Targeting: Setiap kampanye dan ad group di TikTok dapat ditargetkan berdasarkan kriteria seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan lainnya.
  6. Metrics: Merupakan pengukuran kinerja dari iklan TikTok, seperti tayangan, klik, tingkat konversi, dll.
  7. Optimization: Mekanisme yang digunakan untuk mengoptimalkan kinerja iklan TikTok, seperti melakukan split testing, menyesuaikan anggaran dan pemasangan, dan menyesuaikan targeting audiens.

Jasa Tiktok Ads

Anda harus memiliki akun TikTok fo Business dan TikTok Ads Manager untuk menjalankan iklan. TikTok Ads Manager berfungsi untuk membuat pengaturan penempatan iklan serta target pasar sehingga Anda harus mengetahui strategi dalam menggunakan TikTok Ads yang perlu kamu ketahui agar budget iklan lebih efisien.

Maka dari itu menggunakan Jasa TikTok Ads menjadi pilihan alternatif untuk memasang iklan di TikTok. Ada beberapa jasa yang ditawarkan untuk membantu perusahaan dan brand dalam melakukan iklan di TikTok, diantaranya :

  1. Pembuatan konten iklan: Jasa ini ditawarkan oleh pihak ketiga yang akan membuat konten iklan yang unik dan menarik, sesuai dengan tujuan dan strategi iklan yang diinginkan oleh perusahaan atau brand.
  2. Penargetan audiens: Jasa ini akan membantu perusahaan atau brand dalam menentukan target audiens yang tepat, sehingga iklan dapat ditampilkan ke audiens yang sesuai dengan tujuan iklan.
  3. Manajemen kampanye iklan: Jasa ini ditawarkan untuk membantu perusahaan atau brand dalam mengelola kampanye iklan di TikTok, termasuk pembuatan anggaran, pemasangan iklan, dan lainnya.
  4. Analisis kinerja iklan: Jasa ini akan membantu perusahaan atau brand dalam menganalisis kinerja iklan di TikTok, termasuk pengukuran tayangan, klik, tingkat konversi, dan lainnya.
  5. Optimisasi iklan : Jasa ini akan membantu perusahaan atau brand dalam mengoptimalkan kinerja iklan di TikTok, termasuk melakukan split testing, menyesuaikan anggaran dan pemasangan, dan menyesuaikan targeting audiens.
  6. Jasa Endorsement : Beberapa creator atau influencer di TikTok juga menawarkan jasa endorsement, yang memungkinkan brand untuk mempromosikan produk atau jasa mereka melalui video yang dibuat oleh creator atau influencer tersebut.

TikTok sebagai media sosial yang populer di Indonesia menjadi platform iklan online yang banyak diminati saat ini karene dapat menjangkau target sesuai target audience yang di inginkan. Menggunakan Jasa TikTok Ads dapat membantu mencapai target marketing Anda dengan sangat efesien. GRATIS Konsultasi kampanye Iklan Tiktok Anda disini!

Please follow and like us:

Artikel Terbaru

10 Januari 2023
Apa Itu Motion Graphic, Jenis, Serta Animasi yang Cocok untuk Bisnis Read More
19 Desember 2022
Mengulik Potensi Strategi Email Marketing Dalam Bisnis dan Tools Terbaiknya Read More
15 Desember 2022
Content Marketing: Pengertian, Contoh dan Manfaat untuk Pemasaran Bisnis Read More
14 Desember 2022
Yuk Simak Cara Mengukur Efektivitas Influencer dalam Campaign Marketing Read More
13 Desember 2022
Digital Marketing B2B VS B2C, Kenali Pengertian dan Perbedaannya di Sini! Read More
12 Desember 2022
Website Marketing: Definisi, Ciri Ciri, dan Manfaatnya untuk Bisnis Read More
12 Desember 2022
6 Strategi Digital Marketing B2B Paling Efektif untuk Membangun Bisnis Read More
8 Desember 2022
Mengenal Apa itu Facebook CPAS dan Manfaatnya Untuk Bisnis Read More
18 Oktober 2022
6 Cara Meningkatkan Penjualan dengan Facebook Ads Read More
18 Oktober 2022
Perbedaan KOL dan Influencer beserta Manfaatnya untuk Bisnis Read More
18 Oktober 2022
Ingin Bangun Bisnis Ekspor? Ini 6 Cara Manfaatkan International SEO untuk Bisnis Anda Read More
11 Oktober 2022
Artikel Blog untuk Meningkatkan Trafik dan Pendapatan Bisnis Anda Read More
6 Oktober 2022
Simak 7 Keuntungan Beriklan di Facebook Ads bagi Bisnis Anda Read More
24 Januari 2023
Waspada Penipuan Online Berkedok Doxadigital Read More
16 Januari 2023
Apa Itu CRM? Pahami Fungsi untuk Perusahaan dan Fiturnya Read More
11 Januari 2023
Iklan di TikTok Ads untuk Pertumbuhan Bisnis Anda Read More
crossmenu