Logo Doxadigital
22 September 2022 

Pentingkah SEO? Ini Manfaat SEO Untuk Bisnis dan UMKM

Pentingkah SEO? Ini Manfaat SEO Untuk Bisnis dan UMKM

Baca Juga: Google Friendly Search Engine Optimization Techniques for Business

Banyak strategi bisnis saat ini yang dapat dijalankan melalui online marketing, seperti melalui Sosial Media Organic, Digital Ads, Email Marketing, SEO, dll. SEO merupakan salah satu cara untuk mencapai Business Goals yang telah ditentukan. Sehingga memanfaatkan SEO bagi pelaku bisnis dan pemilik bisnis merupakan hal yang penting dalam membantu peluang untuk meningkatkan bisnis online maupun offline.

Apa itu SEO dalam Bisnis?

SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara untuk meningkatkan visibilitas halaman website pada mesin pencarian seperti Google, Bing dan lainnya. Tujuan SEO adalah agar halaman suatu website yang kita optimasikan muncul pada halaman pertama mesin pencarian dan ranking tertinggi pada kata kunci / keyword tertentu sehingga mendapatkan traffic.

Customer Journey Penggunaan SEO

Agar dapat memahami cara kerja SEO, berikut adalah customer journey untuk bagaimana user mendapatkan informasi yang mereka cari pada website bisnis yang wajib Anda ketahui.

  1. Ketika user mencari suatu informasi di internet, mereka akan melakukan pencarian salah satunya melalui mesin pencari Google dengan memasukan kata kunci / keyword berupa short-tail keyword atau long-tail keyword (atau bisa berupa pertanyaan).
  2. Google akan menampilkan beberapa rekomendasi halaman hasil pencarian dari situs atau blog yang relevant dengan kata kunci yang dicari.
  3. User akan memilih artikel atau halaman mana yang akan diklik untuk dibaca. Menariknya beberapa riset menyebutkan bahwa user lebih sering memilih artikel atau halaman yang tersedia pada halamanan rekomendasi posisi pertama pada mesin pencarian. Hal ini yang membuat traffic lebih banyak datang ke halaman website bisnis, terlebih jika halaman tersebut menduduki peringkat pertama pada hasil rekomendasi keyword tersebut.
  4. Jika isi dari halaman bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, maka diharapkan isi tersebut sesuai dengan tujuannya. Sehingga SEO dapat berdampak optimal kepada bisnis.

Cara Kerja SEO

Untuk dapat menunjukan hasilnya, SEO membutuhkan waktu dan proses agar mesin pencarian seperti Google menampilkan halaman yang kita optimasikan. Berikut penjelasan bagaimana cara SEO bekerja pada mesin pencarian:

  1. Ketika suatu website atau halaman dipublikasikan, mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo, dan lainnya melakukan crawling pada sebuah halaman maupun website.
  2. Search Engine menggunakan algoritmanya untuk menentukan ranking kata kunci yang terdapat pada sebuah halaman dan melakan index.
  3. Search Engine menampilkan hasil rekomendasinya.

Lalu bagaimana caranya sebuah halaman dapat direkomendasikan oleh mesin pencarian dan muncul pada halaman pertama? Caranya adalah dengan melakukan Optimisasi SEO. Dalam mempersiapkan SEO untuk bisnis, Anda perlu mengetahui langkah optimasi seo sebagai gambaran pengetahuan Anda.

  • Keyword Research: Riset kata kunci utama beserta turunannya dan Indentifikasi
  • Competition Research: Riset dan analisis kompetitor
  • On-Page Optimization: Optimasi halaman website seperti, penggunaan judul (title), deskripsi, konten, gambar, dll
  • Off-Page Optimization: Link building
  • Technical Optimization: HTML SEO
  • Measure Result: Mengukur ranking, traffic, exit page, page views, dll
  • Improve Result: Melakukan analisa dan melakukan perubahan untuk meningkatkan hasil.

Manfaat SEO untuk Bisnis. Mengapa SEO Dapat Mempengaruhi Bisnis?

Mempersiapkan sebuah website yang SEO Friendly, membuat artikel dengan melakukan research kata kunci dan market analysis serta dengan cara meningkatkan SEO website lainnya, akan membuat website Anda muncul di halaman pertama dan mendapatkan ranking yang tinggi sehingga meningkatkan pengunjung pada website.Semakin tingginya pengunjung website akan berdampak langsung pada bisnis Anda. Bisnis dapat mengumpulkan data pelanggan, meningkatkan ROI dan Sales sehingga dapat merepotkan pesaing bisnis Anda.

Selain itu, apa manfaat seo bagi bisnis di era digital?

  • SEO = Free Traffic. Tanpa harus membuka toko offline, membuka booth di pameran, membayar iklan, Anda bisa mendapatkan traffic yang masuk ke website anda secara gratis. Memang tidak sepenuhnya gratis, namun SEO merupakan pilihan yang tepat untuk menghemat budget marketing Anda.
  • Meningkatkan Brand Visibility. Dengan cara meningkatkan SEO website Anda, semakin banyak terlihat pada mesin pencarian, Brand Anda semakin terlihat dan diketahui banyak orang.
  • Menargetkan User yang Tidak Terbatas. Dengan SEO, Anda dapat menargetkan user tak terbatas sesuai dengan bisnis Anda.
  • Penggunaan Jangka Panjang. Informasi yang bersifat Evergreen, dapat ditemukan oleh user dalam waktu kapan saja. Tidak seperti social media, dimana sangat tergantung dengan trend dan waktu, serta iklan digital yang terbatas budget.

Konsultasikan Penerapan SEO Pada Website Bisnis Anda

Walau terhitung lebih murah dibandingkan dengan chanel pemasaran digital yang lain, menerapkan SEO tidak semudah yang dibayangkan. Menyediakan SEO Specialist in-house pada bisnis Anda dan tools aplikasi seo research memungkinkan Anda membutuhkan biaya tambahan lain. Apalagi dampak SEO pada peningkatan traffic website tidak bisa dirasakan secara cepat dan real-time yang membuat Anda harus berfikir lebih matang dalam mengeluarkan budget marketing. Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama Doxadigital untuk mendapatkan strategi SEO yang tepat dan optimal. KONSULTASI GRATIS!

crossmenu