Logo Doxadigital
28 September 2022 

Usaha Semakin Cuan Menggunakan Local SEO untuk Bisnis

Usaha Semakin Cuan Menggunakan Local SEO untuk Bisnis

Apa Itu Local SEO?

Pengertian Local SEO

Local SEO merupakan cara mengoptimalkan kehadiran website bisnis Anda untuk meningkatkan visibilitas dalam hasil mesin pencari organik lokal. Sehingga optimasi ini bermanfaat untuk bisnis toko online dan offline. Optimasi Local SEO ini memiliki 3 buah pilar:

  • Proximity (Kedekatan): Google melihat seberapa dekat lokasi bisnis dengan user.
  • Prominence (Keunggulan): Bagaimana bisnis Anda populer, biasanya dipengaruhi oleh Backlinks pada website Anda, Social Media, Review Positif dan informasi Citation yang konsisten.
  • Relevance (Relefansi): Ketika user melakukan pencaria, Google ingin menampilkan hasil yang paling memiliki relefansi terhadap pencarian. Sehingga informasi dan konten yang terdapat pada profil Google Bisnisku atau website haruslah relefan dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Pentingkah SEO? Ini Manfaat SEO Untuk Bisnis dan UMKM

Mengapa Local SEO Penting Bagi Bisnis Anda?

Pernahkah Anda ingin membeli sesuatu di internet namun tidak mengetahui nama toko dan alamat di google? Dari data Google disebutkan bahwa:

  • 30% dari semua pencarian melalui perangkat mobile berkaitan dengan lokasi.
  • 76% orang melakukan pencarian bisnis terdekat melalui perangkat mobile dalam sehari.
  • dan 28% dari pencarian tersebut menghasilkan penjualan.

Selain itu berdasarkan Statistik Lokal SEO pada 2022 diantaranya menyebutkan bahwa:

  • 46% dari semua penelusuran di Google menyertakan pencarian lokal.
  • 97% pengguna menelusuri online untuk menemukan bisnis lokal.
  • 62% konsumen akan mengabaikan bisnis jika mereka tidak dapat menemukannya secara online.
  • 86% pelanggan menggunakan Google Maps untuk menemukan bisnis lokal.
  • Kesempatan emas bagi bisnis Anda, karena 56% bisnis lokal belum mengklaim listingan Google MyBusiness.

Melihat data-data diatas, Local SEO sangatlah penting dilakukan optimasi baik melalui website maupun Google My Business untuk mengembangkan bisnis secara offline maupun online.

Konsultasi SEO

Bagaimana Cara Local SEO Bekerja?

Sebenarnya kerja Local SEO sama seperti bagaimana SEO yang sering kita ketahui sebelumnya. Ketika user melakukan pencarian, Google akan memberikan hasil terbaik dari suatu kata kunci berdasarkan proses indeks yang dilakukan sebelumnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yang menjadi pembeda Local SEO dengan SEO pada umumnya adalah Google menggunakan serangkaian faktor peringkat yang berbeda untuk menentukan peringkat hasil pencarian lokal.

Ketika ingin menjual produk maupun jasa kepada konsumen yang berlokasi di kota tertentu, sehingga Anda harus terbiasa dengan Local Search Marketing.

Mengenal Hasil Pencarian Lokal pada Google SERP

Mengenal Hasil Pencarian Lokal pada Google SERP

Dalam menampilkan hasil pencarian lokal, Google menampilkan dua jenis hasil pencarian yaitu Map Pack yang merupakan fitur SERP Google yang menunjukkan daftar bisnis lokal teratas dan peta. Ini sering muncul di bagian paling atas hasil pencarian Google untuk pencarian lokal dan "Blue Link" yang menampilkan 10 hasil pencarian pada Google yang kita semua ketahui. Blue Link ini biasanya muncul di bawah hasil "Map Pack". Sehingga Anda dapat memanfaatkan peringkat keduanya untuk Bisnis Anda.

Setalah mengetahui bahwa hasil pada pencarian diatas menghasilkan "Blue Link" dan "Map Pack", sehingga Anda perlu melakukan optimasi pada website bisnis dan juga profile Google MyBusiness (Google Bisnisku) Anda.

Faktor Yang Mempengaruhi Local SEO - Panduan Lengkap Local SEO

Melengkapi Profil Google My Business

Dari Moz, menemukan bahwa salah satu faktor utama dari peringkat pada "Map Pack" adalah berasal dari profil Google Bisnisku. Sehingga sangat penting bagi Anda memberikan signal kepada google berupa:

  • Spesifik dalam menentukan Kategori Bisnis
  • Deskripsi google bisnisku
  • Alamat lengkap lokasi bisnis
  • Nomor Telepon
  • Situs Website (Jika Ada)
  • Jam Operasional bisnis dan waktu libur
  • Informasi Area Layanan jika melayani pengirimanan
  • Menambahkan produk dan jasa yang ditawarkan
  • Menampahkan Foto yang memiliki relevansi
  • Meminta Review atau ulasan mengenai bisnis dari konsumen dan aktif menanggapi review yang masuk. Karena poin ini sangat berguna untuk membangun reputasi bisnis Anda.

Dalam melengkapi profil bisnis, perlu juga pastikan Anda telah melakukan riset keyword untuk mencari keyword yang relevan dengan bisnis anda. Riset dapat berupa keyword utama dan turunannya, volume dan berdasarkan lokal intent dalam pencarian, sehingga Anda dapat mengimpelementasikan pada profil, konten dan informasi lainnya di google bisniskuku dan juga pada konten artikel website Anda. Anda juga dapat menggunakan SEO tools untuk mengoptimasi Local SEO degan menggunakan fitur riset keyword yang terdapat pada Semrush, Ahrefs, dan tools lainnya.

Memiliki akun Google Bisnisku, Anda juga dapat memanfaatkan fitur-fitur gratis yang terdapat didalamnya untuk mengembangkan bisnis Anda, seperti Chat, Posting (Konten Promosi, Event, dll), QnA, dan Insight untuk Analisa pencarian lokal.

Membuat Konten yang Bernilai

Membuat isi konten website yang relevan dan kualitas yang tinggi merupakan hal yang wajib untuk Local SEO. Konten dapat berupa banyak bentuk seperti blog atau artikel, video, anismasi dan lainnya yang sesuai dengan riset keyword yang dilakukan sebelumnya. Sehingga konten yang relevan dan berkualitas tinggi bisa diterapkan pada website maupun fitur pada Google Bisnisku. 

Lakukan Optimasi On-Page SEO

Walau faktor yang mempengaruhi Local SEO terbesar berasal dari Google MyBusiness, namun situs website bisnis Anda tetap menjadi hal yang penting. On-Page SEO membantu robot mesin pencarian dalam memahami konteks website sehingga halaman website mudah ditemukan dalam pencarian Google.

Anda dapat memanfaatkan hasil riset keyword yang telah didapatkan untuk melakukan Optimasi On-Page SEO dengan menyertakan keyword tersebut pada URL, Judul, Heading, Meta Tags, dan Meta Description dari artikel Anda. Yang tidak kalah penting dalam memaksimalkan local seo adalah dengan menggunakan Schema Mark-Up. Schema Mark-Up dengan tipe Local Business akan memberikan signal kepada Google untuk dapat mengindentifikasi website bisnis Anda sebagai Local Business agar dapat menampikan bisnis Anda di Google saat seseorang mencari bisnis lokal.

Selain itu, Website yang SEO-Friendly dan memiliki fitur mobile responsive berpengaruh langsung dalam praktik On-Page SEO. Website yang memperhatikan User Interface dan User Experience (UI/UX) yang baik akan lebih mudah

Membangun Link

Strategi SEO dalam membangun link dapat dilakukan dengan cara menawarkan link website atau bekerja-sama dengan berbagai website lokal dari industri yang relevan. Strategi ini tidak boleh asal-asalan dalam menyebar link ke website Anda. Pastikan berasal dari website yang memiliki authority yang tinggi, website dan mengandung keyword yang relevan. 

Saat Anda menambahkan tautan internal, pastikan bahwa setiap tautan mengarah ke halaman yang relevan di situs Anda dengan Anchor Text yang masuk akal. Link dapat ditempatkan pada bagian atas atau sisi halaman.

Membangun NAP Citations

NAP Citations menjadi faktor yang akan menampilkan bisnis Anda menjadi relevan dalam pencarian lokal. Struktur dari NAP Citations berupa nama, alamat lengkap dan Nomor Telpon dari (NAP) bisnis. Penerapan NAP Citations tidak hanya dipasang di website Anda, namun harus diterapkan secara konsisten pada Media Sosial maupun website pihak ketiga yang menjelaskan bisnis Anda.

Berikut adalah contoh penerapan NAP Citations yang dipasang pada website:

Contoh NAP Citations pada website

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Local SEO

Pedoman untuk mewakili bisnis Anda di google

Pelajari Pedoman untuk mewakili bisnis Anda di Google agar mengetahui informasi apa saja yang dibutuhkan oleh setiap pemasar bisnis lokal. Dengan pedoman ini Anda dapat mengetahui hal apa saja yang harus dihindarkan, karena pelanggaran terhadap pedoman dapat mengakibatkan hilangnya peringkat, tingkat hukuman bahkan penghapusan daftar bisnis lokal. Pelajari pedoman secara berkala untuk mengetahui pedoman terbaru dari Google.

Berikut merupakan pedoman dasar pada Google MyBusiness:

  • Mewakili bisnis Anda yang secara konsisten dikenali di dunia nyata melalui papan nama, alat tulis, dan alat branding lainnya.
  • Pastikan alamat dan atau area layanan Anda akurat dan tepat.
  • Pilih jumlah kategori paling sedikit yang diperlukan untuk menggambarkan bisnis inti Anda secara keseluruhan.
  • Optimalkan satu profil per bisnis.

Mempersiapkan Data Bisnis Anda

Melakukan Audit informasi dasar pada data bisnis tidaklah sulit jika Anda hanya memiliki 1 buah lokasi bisnis. Namun akan sangat merepotkan jika Anda memiliki banyak lokasi bisnis yang tersebar diberbagai daerah. Anda harus merubah satu per satu untuk melakukan perubahan informasi bisnis disetiap lokasi. 

Gunakan template Basic Local Business Data pada Spearsheet untuk menuliskan seluruh data bisnis yang Anda miliki, menambahkan bisnis, menyunting data bisnis bahkan menghapus bisnis dengan fitur bulk upload pada spreadsheet dengan cepat dan tepat.

Identifikasi yang jelas Dalam Model Bisnis Anda

Berhati-hatilah dalam menentukan model bisnis yang cocok dengan bisnis Anda. Model bisnis dapat berupa:

  • Toko Ritel atau Restoran yang dapat dikunjungi pelanggan
  • Service Area Business (SAB), seperti tukang service yang datang ke lokasi pelanggan
  • Restoran yang melayani pesan antar dan makan ditempat.
  • Home-based seperti pusat penitipan anak atau usaha rumahan lainnya
  • Bisnis yang memiliki banyak cabang dan jaringan seperti McD
  • Bisnis multi-departemen seperti kantor pemerintahan atau dealer mobil
  • Bisnis multi-praktisi, seperti perumahan atau praktik dokter hewan
  • ATM, kios, dan model bisnis lainnya

Bisnis Goal yang Jelas

Setiap bisnis diharapkan telah memiliki Bisnis Goal yang jelas. Setelah menentukan Bisnis Goal, selanjutnya memikiran matriks apa yang akan digunakan sebagai objektif untuk mengukur kesuksesan menggapai goal tersebut. Objektif ini yang nantinya akan dijadikan penilaian KPI.

Goal dapat berupa meningkatkan Awarness, Lead, Consideration maupun Conversion. Bisnis goal yang jelas dapat menentukan langkah apa yang harus dilakukan, langkah-langkah tersebut yang bisa diimplementasikan di konten dan Call To Action (CTA) pada Google Bisnisku maupun website untuk mencapai objektif yang telah ditentukan sebelumnya.

Konsultasi SEO

Kesimpulan

Dengan melakukan optimasi Local SEO, bisnis lokal dapat dengan mudah ditemukan oleh calon pelanggan berdasarkan lokasi terdekat. Local SEO dapan meningkatkan visibilitas pencarian bisnis lokal maupun website Anda, sehingga memungkinkan meningkatnya jumlah visitor dan pembelian ke lokasi bisnis Anda.

Hubungi SEO Expert dari Doxadigital Indonesia untuk mendapatkan solusi berbagai optimasi SEO untuk kemajuan dan perkembangan bisnis Anda. Hubungi Sekarang!

Please follow and like us:
crossmenu