Logo Doxadigital
29 September 2022 

7 Tren Digital Marketing 2022, Tingkatkan Awareness Bisnis Anda

7 Tren Digital Marketing 2022, Tingkatkan Awareness Bisnis Anda

Tren Digital Marketing di sepanjang tahun 2022 terus mengalami perkembangan. Praktik - praktik inovatif pemasaran selalu bermunculan membuat sebuah tren baru yang bertujuan untuk membangun awareness, branding, dan conversion.

Perusahaan atau pebisnis tidak akan bertahan atau berkembang jika tidak memiliki strategi pemasaran digital. Untuk itu Doxadigital akan membagikan 10 rekomendasi Tren Digital Marketing di tahun 2022 yang harus dilakukan agar brand Anda dikenal konsumen.

1. Konten Video Pendek / Short Video

Tren short video dipopularkan dan diperkenalkan oleh TikTok, kemudian muncul reels instagram dan youtube short. Perkembangan tren ini tentunya harus diperhatikan oleh para perusahaan atau pebisnis. Dengan memanfaatkan atau mengikuti tren tersebut diharapkan mampu menjangkau audiens lebih banyak lagi.

Saat ini, strategi digital marketing dengan video panjang kurang efektif, karena audience cenderung lebih menyukai dan menikmati konten video marketing yang singkat. Video marketing yang ringkas tersebut haruslah menampilkan informasi yang mengarah langsung ke intinya, sehingga target audience mendapatkan edukasi dengan jelas.

2. Chatbots

Chatbots adalah sistem membalas chat otomatis yang biasa ada pada layanan website atau platform digital lainnya. Meskipun sudah dikenal beberapa tahun yang lalu, namun fitur ini masih sedikit yang memanfaatkannya dalam bisnis mereka.

Padahal sistem ini membantu para pebisnis dalam merespon pertanyaan dari konsumen, robot akan merespon dengan cepat, sehingga konsumen tidak menunggu lama untuk mendapat jawaban dari pertanyaan atau apa yang dibutuhkannya.

Chatbots akan menjadi salah satu tren digital marketing yang perlu diketahui dan menjadi strategi pemasaran untuk membantu meningkatkan bisnis Anda.

Baca Juga: Pentingkah SEO? Ini Manfaat SEO Untuk Bisnis dan UMKM

3. Website Marketing dengan Search Engine Optimization (SEO)

Pemasaran melalui online dengan target kata kunci tertentu yang mengarah ke website masih menjadi tren digital marketing tahun 2022.

Situs website merupakan wadah pemasaran terpopuler untuk membangun branding dan awareness bisnis atau layanan perusahaan Anda, tentunya dengan optimasi SEO yang benar.

Ketika website marketing Anda mendapatkan peringkat ranking di halaman satu google, berarti onpage dan offpage SEO Anda sesuai dengan kaidah algoritma google, dengan begitu akan mendapatkan trafik yang lebih banyak lagi ke website Anda.

4. Content Marketing

Menampilkan konten yang unik dan menarik akan lebih mudah diingat serta engagement dapat meningkat, baik dalam bentuk video ataupun tulisan.

Strategi konten untuk media sosial Anda bisa memulai dengan membuat konten yang memperkenalkan produk atau layanan bisnis Anda kepada pelanggan, membuat konten Q&A, atau mengikuti tren yang sedang viral. Bisa dalam bentuk video pendek atau pun ilustrasi gambar yang menarik.

Rutin melakukan aktivitas live di sosial media seperti aplikasi TikTok, Instagram, Facebook dan Youtube juga salah satu Trend Digital Marketing. Fitur live bisa di manfaatkan pemilik bisnis untuk memasarkan, memperkenalkan produk mereka, atau sekedar Q&A untuk menjawab pertanyaan calon pembeli.

Sedangkan strategi konten untuk website wajib menerapkan SEO, karena algoritma media sosial dan SERP berbeda. Algoritma media sosial berdasarkan apa yang sering pengguna lihat atau tonton, maka di pencarian sosmed mereka akan muncul rekomendasi tersebut. Sedangkan Algoritma SERP ada banyak faktor, sebagian kecilnya seperti pencarian kata kunci, tulisan yang mudah dibaca user, serta optimasi onpage yang baik.

Konten marketing dengan metode SEO tentu tidak mudah, karena ada beberapa aspek yang perlu diketahui, sehingga para digital marketer perlu mempelajari teknik dasar SEO guna untuk mengembangkan strategi di dunia digital marketing.

Baca Juga: Iklan Google, Bagaimana bisa membantu bisnis anda? ini 9 Faktanya

5. Google Ads (Iklan Google)

Pemasaran secara digital melalui iklan google masih menjadi strategi populer untuk meningkatkan penjualan dari orang dalam penggunaan internet.

Menentukan strategi iklan tidak boleh sembarangan, harus berdasarkan riset data dan analisa yang tepat. Berikut ini beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dalam strategi Ads:

  • Siapa target audiens Anda?
  • Riset keyword transaksional
  • Setting waktu iklan di jam tertentu
  • Gunakan fitur iklan dinamis dari Google

Setelah mengetahui beberapa hal tersebut, Anda akan mendapatkan hasil secara langsung berapa lead dan mencapai target closing dari orang yang membeli atau menggunakan layanan bisnis Anda.

6. Teknologi Artificial Intelligence (AI)

Teknologi AI adalah teknologi yang memanfaatkan data pelanggan setelah itu dipelajari dan dianalisis agar dapat mendeteksi kebiasaan pelanggan yang terjadi sehari-hari. AI berfungsi untuk memberikan respon atau rekomendasi sesuai dengan perilaku pelanggan.

Teknologi ini dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengembangan produk, serta memberikan pelanggan dengan pengalaman yang lebih baik. Teknologi AI juga dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi dan menangani masalah sebelum mereka terjadi, sehingga perusahaan dapat menghemat biaya dan waktu.

Platform ini sudah banyak di cari dan di pakai para digital marketer, Anda bisa mengikuti tren digital marketing 2022 ini supaya tidak ketinggalan.

7. Influencer Marketing

Brand - brand besar yang sudah lama saja masih membutuhkan influencer, untuk membangun awareness dan meningkatkan penjualan mereka, apalagi brand yang baru muncul.

Memilih influencer marketing tidaklah mudah, untuk itu berikut ini tips mencari influencer yang tepat:

  • Pilihlah influencer yang memiliki persona yang mendekati dengan produk bisnis Anda.
  • Pilihlah influencer dengan engagement rate min 3%.
  • Analisa performa konten - konten endorse yang pernah dibuat oleh influencer tersebut.
  • Perhatikan jejak digital di berbagai platform sosial media yang dimiliki influencer.

Penutup

Khusus untuk pemilik bisnis harus pandai melihat peluang platform apa yang sesuai untuk memasarkan produk atau layanannya. Penting untuk mengetahui dan mengikuti perkembangan tren digital marketing 2022.

Apabila bisnis Anda tidak mempunyai tim digital marketing, Doxadigital dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.

Doxadigital memiliki layanan Digital Marketing Agency Jakarta, didalamnya terdapat tim yang berpengalaman di dunia digital marketing. Kami akan membantu bisnis Anda dalam meningkatkan Awareness dan juga penjualan. Konsultasi sekarang juga!

Please follow and like us:
crossmenu