Tak bisa dipungkiri bahwa Google merupakan mesin pencari terpopuler saat ini di Indonesia. Dan sebagai pebisnis atau pemilik situs, Anda mungkin saat ini ingin mengetahui bagaimana iklan pada platform dapat membantu bisnis anda. Sebagai salah satu penyedia jasa google ads di Indonesia, artikel ini akan memberikan gambaran lengkap tentang program iklan ini dalam perspektif pemasar dan pemilik bisnis tanpa melibatkan terlalu banyak hal teknis didalamnya.

Pada akhir artikel kami menyediakan kolom komentar untuk anda mengajukan pertanyaan seputar topik ini. Ingin langsung bertanya pada kami, silahkan hubungi +62215324093 atau Whatsapp ke +082288883682 (chat only)

Apakah Iklan Google Itu ?

Program periklanan Google adalah cara beriklan melalui infrastruktur yang dimiliki Google seperti mesin pencari atau Youtube dan termasuk juga mitra publishing / situs online yang bekerja sama dengan Google. Program periklanan ini dikenal dengan Google Ads (dahulu Google Adwords)

Ini sumber pendapatan terbesar dari layanan Google. Pada program ini, Googla Ads memberi akses pada pengiklan untuk mengelola dan mempromosikan produk dalam situs dan aplikasi anda pada pengguna google. Pengguna google yang melihat iklan anda tidak terbatas hanya untuk mesin pencari saja tapi termasuk juga pengguna Google Maps, Gmail, dan Youtube.

Karena Google memiliki pengguna yang sangat besar, Google juga bekerja sama dengan para pemilik situs untuk berbagi keuntungan dimana Google menampilkan spot iklan, dimana saat pengunjung situs melakukan klik pada iklan, maka pemilik situs mendapatkan keuntungan dari biaya klik hingga lebih dari 50%.

Jadi bisa disimpulkan Pengguna Google + Pengguna Situs (yang bekerja sama dengan Google) adalah target pemirsa (audience) dari Google Ads, jumlahnya puluhan juta pemirsa indonesia setiap harinya. Tinggal sekarang adalah bagaimana Google dengan kecerdasannya harus dapat menampilkan iklan yang tepat pada pengguna yang tepat di waktu yang tepat. Untuk itulah platform  Google Ads  terus dikembangkan.

Top

Ada Berapa Tipe Iklan dalam platform Google Ads ?

Tipe Kampanye Iklan Google Ads

Dari Tipe Iklan, Kampanye Iklan Google sebenarnya dibagi menjadi 4 bagian:

  • Iklan Pencarian (Google Search Network) : Beriklan pada mesin pencari google dan mitra. Anda membuat iklan dan menampilkannya berdasar kata kunci (keywords).
  • Iklan Display (Google Display Network): Beriklan pada situs pihak ke-3 diluar mesin pencari (termasuk Gmail). Iklan bisa dalam bentuk Gambar, Teks, dan Video, dengan target pengunjung  dengan profil dan perilaku tertentu atau bisa juga pada situs dengan kata kunci tertentu.
  • Iklan Video: Beriklan pada platform Youtube. Hampir sama seperti iklan display, target pengunjung yang melihat iklan bisa dengan profil atau perilaku, namun bisa juga digabung dengan target pada Video Youtube atau Channel Tertentu
  • Iklan Aplikasi (Mobile): Melakukan promosi untuk aplikasi mobile. Iklan cerdas untuk promosikan install aplikasi dan tindakan dalam aplikasi

Dari pengalaman, masing kami berikut ciri khas masing-masing iklan

Google Search Google Display Google Video Ads Google App Campaign
Biaya* Lebih Mahal Murah Murah Lebih Mahal
Jangkauan Tergantung Kata Kunci dan Volume Pencarian Lebih Murah Lebih Murah Otomatis

Catatan:
Biaya adalah biaya relatifitas tentang biaya per klik. Pada prakteknya pengiklan dapat membatasi jumlah biaya maksimal per-klik

Top

Bagaimana Platform Iklan Bekerja, Bagaimana Pembiayaannya?

Program ini bekerja dengan sistem lelang (Auction). Pertama kali akan dilakukan filter dulu Pemirsa (Audience) berdasarkan Target Lokasi, Waktu, dan Device. Kemudian proses lelang akan berjalan sesuai tipe kampanye dan google akan menampilkan iklan sesuai target yang ditetapkan.

Lokasi umum layanan Google Ads dan tipe lelang yang terjadi:

Google Search: Lelang berdasarkan kata kunci yang ditarget, dihubungan dengan biaya maksimal klik, relevansi iklan, kualitas halaman landas (tujuan), penggunaan format iklan (formula yang disebut Ad Rank)
Google Display dan Video: Lelang berdasarkan Target Pengunjung (Demografi, Perilaku, dan Minat)  dan Target Media (Kata Kunci Topik)
Google App Campaign: Lelang otomatis berdasarkan Algoritma mesin pintar Google.

Beberapa karakteristik umum tentang biaya:

  • Anda dapat menentukan maksimum biaya yang anda ingin bayarkan per aksi
  • Anda dapat menentukan budget biaya harian

Tipe pembiayaan dapat dalam bentuk

  • Biaya per klik (CPC/ Cost per klik) : Biaya yang dibebankan per satu kali klik iklan Berlaku di Google Search dan Display
  • Biaya per 1000 tampilan (CPM/ Cost per mile) : Biaya per 1000 kali iklan ditampilkan, Berlaku di Google Display
  • BIaya per tontonan (CPV/ Cost per View):Biaya yang dibebankan google untuk menampilkan iklan Video. biaya per 1 kali tonton (dihitung dari 30 detik tontonan atau sampai video habis)
  • Biaya per Install (CPI / Cost Per Install): Khusus untuk kampanye promosi aplikasi

Untuk mempelajari pembiayaan, silahkan kunjungi artikel Biaya Google Adwords kami

Top

Bagaimana Google menemukan calon pelanggan yang tepat buat saya ?

Google menggunakan algoritma mesin pintar untuk menemukan calon pelanggan yang tepat untuk melihat iklan bisnis anda. Beberapa parameter penargetan sangat beragam untuk mengelola iklan, diantaranya
Global Targeting:

  • Lokasi
  • Alat (Device)
  • Jam Tertentu (Jadwal)

Search Network:

  • Kata Kunci

Display Network:

  • Target Pemirsa (Audience)
    • Demografi: Target berdasar Umur, Jenis Kelamin, Pendapatan
    • Perilaku (Affinity): Orang yang memiliki perilaku tertentu
    • Minat (In-Market): Orang yang sedang mencari layanan atau produk yang berkaitan dengan bisnis anda
    • Remarketing: Orang yang sudah berinteraksi dengan situs dan iklan anda sbeelumnya
    • Similiar Audience: Orang yang memiliki karakteristik minat yang sama dari daftar Remarketing
  • Target Penmpatan (Situs)
    • Topik: Terdapat lebih dari 2000 pengkategorian topik yang bisa anda pilih
    • Lokasi Situs: URL situs yang ingin iklan anda tampilkan
    • Kata Kunci Pada Halaman: Halaman yang relevan dengan kata kunci tertentu

Video Ads

  • Demografi
  • Interest
    • Perilaku
    • Minat
    • Peristiwa Kehidupan
  • Remarketing
  • Penempatan: Pada video dan channel tertentu
  • Topik
  • Kata kunci
  • Perangkat: Pada komputer, hp, tablet, atau perangkat TV seperti Comcast

Top

Menang di Mesin Pencari: Beriklan atau Optimasi Situs melalui SEO ?

Untuk bisnis anda masuk dalam mesin pencarian Google sebenarnya ada 2 (dua) cara yaitu melalui Optimasi mesin pencari atau melalui Iklan. Pada dasarnya pola pikir yang harus dipakai adalah bagaimana Kita dapat menampilkan informasi sebanyak-banyaknya tentang bisnis kita pada halaman pertama (terutama pada layar mobil/hp yang lebih kecil)

Ulasan lengkap tentang ini telah kami tuliskan dalam artikel tersendiri yang berjudul SEO vs SEM (GSN) Mana yang lebih dahulu ?

Top

Google Ads atau Facebook Ads atau Instagram Ads, mana yang lebih baik?

Tidak ada jawaban pasti tentang hal ini karena bergantung pada bisnis masing-masing, jika produk anda adalah Rental Mobil, Google Search tentu lebih baik karena menampilkan iklan pada saat ada niat dan minat. Sementara jika produk anda adalah produk kecantikan Instagram Ads dan Google Display mungkin pilihan yang tepat. Kami selalu menyarankan untuk mencoba promosi pada banyak platform pada bulan bulan awal untuk melakukan pembelajaran.

Beberapa Karakteristik Umum antara Facebook/IG Ads dibanding dengan Google Ads

Google Ads Facebook
Jangkauan Lebih Luas, karena pengguna Google (Web maupun Android) termasuk pihak ke-3 yang bekerja sama dengan Google adalah target iklan Hanya pada ekosistem Facebook dan Instagram
Akurasi data Google search sangat tepat namun Google display dan video berdasarkan algoritma pembelajaran mesin (machine learning) Lebih Akurat, karena berdasarkan database dan perilaku pengguna dalam ekosistem
Biaya Google display termurah untuk mendatangkan pengunjung tapi konversi lebih cenderung lebih baik dengan Google Search dengan biaya lebih kunjungan cenderung lebih tinggi Lebih tinggi dari Google, namun karakteristik pengunjung lebih baik

Catatan: Pada saat iklan berjalan karakteristik bisa berubah, ini adalah gambaran umum

Top

Berapa biaya awal yang dibutuhkan untuk beriklan melalui Google ?

Anda dapat beriklan di Google dengan biaya awal berapapun. Namun, dalam sudut pandang kami, mesin cerdas Google membutuhkan banyak data sebelum algoritmanya tampil optimal, beriklan dengan biaya sangat minim tentunya akan membuat hasil yang diharapkan jauh lebih lama untuk didapatkan.

Jika anda belum memiliki gambaran, kami menyarankan menggunakan 20% dari biaya pemasaran anda terlebih dahulu, jika hasilnya positif bisa ditambah.
Jika anda belum memili anggaran pemasaran, kami menyarankan untuk memulai iklan Google Ads anda dengan biaya 5-10jt rupiah perbulan *) Berdasar klien akun kami

Dalam kasus tertentu anda bisa melakukan pengembalian dana yang tersisa jika akun anda masih terdapat dana yang tidak digunakan

Ada baiknya anda melakukan konsultasi (gratis) dengan Akun Manager kami untuk membicarakan tentang hal ini, klik disini

Top

Bagaimana mengukur kesuksesan iklan?

Keberhasilan periklanan dihitung dari bagaimana iklan tersebut memberikan dampak komersil pada bisnis dan usaha anda. Goal iklan dibangun dari beberapa aspek, kami menyebutnya konversi. Ada dua jenis konversi yang penting untuk anda pahami

  • Konversi Makro: Memberikan dampak komersil langsung. Misal transaksi
  • Konversi Mikro: Memberikan dampak non komersil namun memberikan arti pada bisnis anda. Misal: Menjadi subscriber newsletter, mendownload katalog tertentu, menghubungi Customer Service Anda.

Satu hal yang perlu anda ingat dalam melakukan iklan di Google adalah bahwa pada umumnya dibutuhkan lebih dari satu kali kunjungan pada situs anda sebelum terjadi konversi. Jadi pada saat terjadi klik, belum tentu akan terjadi konversi pada saat itu juga.

Hal yang mungkin mengurangi terjadinya konversi adalah:

  • Kesalahan penargetan pengunjung
  • Kinerja Situs yang kurang baik sehingga mengganggu pengalaman pengguna (user experience)
    • Loading situs yang lama
    • Penempatan teks yang berantakan
  • Penawaran yang belum menarik bagi pengunjung

Usahakan tidak mengarahkan pengunjung ke halaman homepage melalui iklan.
Sangat disarankan membuat sebuah halaman khusus dengan topik khusus sebagai halaman tujuan iklan (halaman landas / landing page)

Untuk pengukuran kesuksesan iklan, anda dianjurkan menggunakan platform analyics seperti Google Analytics

Top

Tips bekerja sama dengan Agensi Google Partner?


Google bekerja sama dengan agensi pihak ketiga (seperti dengan Doxadigital) untuk membuat standar kualitas yang dibutuhkan untuk bekerja sama dengan pengiklan. Program itu dinamakan “Google Partner”. Anda disarankan untuk berhubungan dengan para mitra ini. Kami telah membuat artikel lain tentang seluk beluk program ini, silahkan membaca pada ulasan tersebut pada tautan Google Partner Indonesia ini

Top


Ada lagi yang ingin ketahui mengenai Program Iklan Google Ini ? silahkan menuliskan komentar dibawah atau hubungi kami di +62215324093 , Artikel ini akan terus diupdate sehingga bisa bisa semakin tajam dan memberikan ulasan yang baik tentang program ini dan manfaatnya bagi bisnis anda.

Hubungi Doxadigital untuk Jasa Iklan Google Ads (Adwords) bagi bisnis anda

Doxadigital Creative & Digital Agency Jakarta, Indonesia


  • : info@doxadigital.com
  • : 021-5324093/94
  • : Jalan Kebon Jeruk Raya No.9 Blok C4, Ruko Permata
    Jakarta 11530, Indonesia

Pin It on Pinterest

Share This