Fraud Blocker
Logo Doxadigital
16 Januari 2023 

Apa Itu CRM? Pahami Fungsi untuk Perusahaan dan Fiturnya

Apa Itu CRM? Pahami Fungsi untuk Perusahaan dan Fiturnya

Pebisnis masih tidak mengetahui apa itu CRM? Apa fungsinya dan apa saja fitur yang dimiliki aplikasi ini. Simak penjelasan dibawah ini.

CRM merupakan singkatan dari "Customer Relationship Management". Ini merujuk pada proses dan sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola interaksi dengan pelanggan saat ini dan potensial. Tujuan utama dari CRM adalah untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan, meningkatkan pendapatan, dan meningkatkan efisiensi bisnis.

CRM dapat digunakan dalam berbagai industri, seperti penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan. Biasanya, CRM digunakan melalui perangkat lunak yang menciptakan platform untuk menyimpan informasi pelanggan, mencatat percakapan, dan memeriksa data untuk mengambil kesimpulan bisnis yang lebih menguntungkan.

Alasan CRM Penting digunakan Pebisnis

CRM penting untuk bisnis karena dapat membantu perusahaan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan secara efektif. Beberapa alasan mengapa CRM penting untuk bisnis termasuk:

  1. Peningkatan efisiensi: CRM memungkinkan perusahaan untuk mengelola data pelanggan dan interaksi dengan pelanggan dalam satu platform yang terintegrasi, yang dapat meningkatkan efisiensi bisnis.
  2. Peningkatan pendapatan: CRM memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan penjualan dengan menyediakan data yang lebih baik tentang pelanggan dan interaksi dengan pelanggan, sehingga memungkinkan perusahaan untuk menjual produk atau layanan yang lebih tepat untuk pelanggan tertentu.
  3. Peningkatan kepuasan pelanggan: CRM memungkinkan perusahaan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan dengan memastikan bahwa interaksi dengan pelanggan dilakukan dengan cara yang tepat dan tepat waktu.
  4. Analisis data pelanggan: CRM memberikan akses ke data yang kaya tentang pelanggan, seperti informasi tentang sejarah pembelian, preferensi produk dan interaksi, yang dapat digunakan untuk menganalisis kecenderungan pelanggan dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
  5. Peningkatan retensi pelanggan: CRM memungkinkan perusahaan untuk membuat hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dengan meningkatkan komunikasi dan pelayanan yang lebih baik.

Secara keseluruhan, CRM membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi, meningkatkan pendapatan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan, yang semuanya dapat membantu perusahaan untuk berkembang dan tumbuh dalam jangka panjang.

Baca Juga: Mengulik Potensi Strategi Email Marketing Dalam Bisnis dan Tools Terbaiknya

Siapa yang Membutuhkan CRM?

Sebagian besar perusahaan dapat memanfaatkan CRM untuk mengelola hubungan dengan pelanggan mereka. Beberapa contoh industri yang sering menggunakan CRM antara lain:

1. Industri Penjualan

Perusahaan yang menjual produk atau layanan dapat menggunakan CRM untuk mengelola hubungan dengan prospek dan pelanggan mereka, mengelola proses penjualan, dan meningkatkan efisiensi dalam penjualan.

2. Perusahaan Digital Marketing

Perusahaan yang mengelola kampanye pemasaran dapat menggunakan CRM untuk mengelola database pelanggan dan prospek, melacak respons kampanye, dan meningkatkan efektivitas pemasaran.

3. Customer Service / Care

Perusahaan yang menyediakan pelayanan pelanggan dapat menggunakan CRM untuk mengelola tiket masuk, menyimpan riwayat interaksi dengan pelanggan, dan meningkatkan kualitas pelayanan.

4. Perusahaan Finance

Perusahaan yang bergerak di bidang finansial dapat menggunakan CRM untuk mengelola hubungan dengan nasabah, mengelola data keuangan pelanggan, dan meningkatkan efisiensi dalam layanan keuangan.

5. Jasa Asuransi

Perusahaan asuransi dapat menggunakan CRM untuk mengelola hubungan dengan klien, mengelola data asuransi pelanggan, dan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan klaim.

Dalam kata lain, CRM dapat digunakan oleh berbagai jenis perusahaan yang berhubungan dengan pelanggan dan bertujuan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan.

Fitur - Fitur Utama CRM

Ada beberapa fitur utama dari CRM (Customer Relationship Management) yang perlu diketahui oleh pemilik bisnis agar maksimal dalam penggunaan aplikasi ini, diantaranya:

  1. Manajemen Kontak: Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan menyimpan data kontak pelanggan, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email.
  2. Manajemen Aktivitas: Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk melacak aktivitas pelanggan seperti panggilan, email, dan pertemuan.
  3. Manajemen Penjualan: Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk melacak prospek dan pelanggan, mengelola proses penjualan, dan mengelola data penjualan.
  4. Manajemen Marketing: Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk melacak kampanye pemasaran dan melacak respons pelanggan terhadap kampanye tersebut.
  5. Manajemen Pelayanan: Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola tiket masuk, menyimpan riwayat interaksi dengan pelanggan, dan meningkatkan kualitas pelayanan.
  6. Analisis data: Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data tentang pelanggan, seperti informasi tentang sejarah pembelian, preferensi produk dan interaksi, yang dapat digunakan untuk menganalisis kecenderungan pelanggan dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
  7. Automation: Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengautomasi proses bisnis seperti pengiriman email, notifikasi dan reminder yang dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan.
  8. Integrasi: Fitur ini memungkinkan CRM untuk diintegrasikan dengan sistem lain seperti Email, Social Media, dan Accounting yang dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan data dan proses bisnis.

Kesimpulan

Perangkat lunak CRM merupakan salah satu komponen penting dalam mengelola hubungan dengan pelanggan. CRM menawarkan banyak keuntungan bagi perusahaan, salah satunya adalah membantu dalam meningkatkan pengalaman pelanggan.

Tujuan dari CRM adalah untuk meningkatkan hubungan yang baik dengan pelanggan dan meningkatkan efisiensi bisnis. Menerapkan sistem CRM dapat dilakukan dengan mengumpulkan data pelanggan, menganalisis data tersebut, dan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan meningkatkan kualitas layanan yang diterima pelanggan.

Strategi CRM merupakan salah satu cara yang efektif dalam mengelola hubungan dengan pelanggan. Pengguna software CRM dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh software tersebut untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan meningkatkan kualitas layanan yang diterima pelanggan.

Sistem CRM juga membantu perusahaan dalam mengelola data pelanggan dan meningkatkan efisiensi bisnis. Hal ini dapat meningkatkan hubungan yang baik dengan pelanggan dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Please follow and like us:

Artikel Terbaru

10 Januari 2023
Apa Itu Motion Graphic, Jenis, Serta Animasi yang Cocok untuk Bisnis Read More
19 Desember 2022
Mengulik Potensi Strategi Email Marketing Dalam Bisnis dan Tools Terbaiknya Read More
15 Desember 2022
Content Marketing: Pengertian, Contoh dan Manfaat untuk Pemasaran Bisnis Read More
14 Desember 2022
Yuk Simak Cara Mengukur Efektivitas Influencer dalam Campaign Marketing Read More
13 Desember 2022
Digital Marketing B2B VS B2C, Kenali Pengertian dan Perbedaannya di Sini! Read More
12 Desember 2022
Website Marketing: Definisi, Ciri Ciri, dan Manfaatnya untuk Bisnis Read More
12 Desember 2022
6 Strategi Digital Marketing B2B Paling Efektif untuk Membangun Bisnis Read More
8 Desember 2022
Mengenal Apa itu Facebook CPAS dan Manfaatnya Untuk Bisnis Read More
18 Oktober 2022
6 Cara Meningkatkan Penjualan dengan Facebook Ads Read More
18 Oktober 2022
Perbedaan KOL dan Influencer beserta Manfaatnya untuk Bisnis Read More
18 Oktober 2022
Ingin Bangun Bisnis Ekspor? Ini 6 Cara Manfaatkan International SEO untuk Bisnis Anda Read More
11 Oktober 2022
Artikel Blog untuk Meningkatkan Trafik dan Pendapatan Bisnis Anda Read More
6 Oktober 2022
Simak 7 Keuntungan Beriklan di Facebook Ads bagi Bisnis Anda Read More
24 Januari 2023
Waspada Penipuan Online Berkedok Doxadigital Read More
16 Januari 2023
Apa Itu CRM? Pahami Fungsi untuk Perusahaan dan Fiturnya Read More
11 Januari 2023
Iklan di TikTok Ads untuk Pertumbuhan Bisnis Anda Read More
crossmenu