Fraud Blocker
Logo Doxadigital
8 Desember 2022 

Keuntungan Menggunakan Iklan Shopee Untuk Bisnis Anda

Keuntungan Menggunakan Iklan Shopee Untuk Bisnis Anda

Perkembangan digital saat ini mendorong banyak pelaku usaha untuk lebih menggunakan bantuan teknologi. Salah satunya dalam hal digital marketing yang dipercaya lebih efektif digunakan karena menjangkau segmen pasar yang lebih luas. Salah satunya adalah dengan menggunakan Iklan Shopee atau Shopee Ads. Berikut adalah sekilas penjelasannya. 

Apa Itu Iklan Shopee

Shopee dikenal sebagai salah satu marketplace terbesar yang sudah menguasai Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Segala macam produk kebutuhan sehari hari bisa Anda temukan dengan mudah di Shopee. Bahkan menariknya, banyak bisnis UMKM yang berkembang dengan bantuan toko online yang dibuka di platform marketplace seperti Shopee. 

Namun, tidak hanya cukup dengan mempunyai toko online saja. Tapi juga diperlukan strategi marketing yang jitu untuk membuat toko online Anda lebih dikenal. Selain menyediakan fitur membuka penjualan melalui toko online, Shopee juga menyediakan fitur iklan yang dapat Anda gunakan. Beriklan di Shopee akan sangat efektif untuk mengenalkan usaha online Anda lebih luas. 

Perbedaan Iklan Shopee dan CPAS Shopee

Mungkin akan banyak orang yang masih bingung dengan perbedaan antara iklan shopee dengan CPAS Shopee. Kedua produk layanan iklan ini memang sama sama mengusung konsep iklan digital, namun keduanya mempunyai perbedaan. Bila iklan di Shopee adalah fitur berbayar yang akan membuat produk Anda di Shopee lebih bisa dikenal ke segmen pasar lainnya. 

Namun bila CPAS atau Collaborative Performance Advertising Solution adalah suatu bentuk kerjasama dalam hal iklan digital antara Shopee dengan Facebook. Kerja sama iklan digital ini akan membuat produk bisnis yang Anda pasang di Shopee dapat masuk ke jaringan Facebook dan dilihat oleh pengguna Facebook lebih luas.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Facebook CPAS dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Apa Kelebihan Iklan Shopee

1. Harga yang Terjangkau

Menjalankan bisnis online dengan mengelola iklan secara digital saat ini sangat banyak digunakan. Terlebih di era persaingan bisnis modern saat ini yang membuat banyak usaha berlomba lomba dalam teknologi. Salah satunya adalah dengan strategi penjualan menggunakan iklan yang ada di marketplace nomor satu di Asia tenggaran yaitu Shopee. 

Salah satu keuntungan atau manfaat bila Anda mempunyai iklan di Shopee adalah penawaran harga yang terjangkau. Iklan digital memang akan menghemat banyak anggaran iklan daripada Anda menggunakan iklan fisik. Harga yang ditawarkan akan jauh lebih terjangkau dengan pengelolaan yang lebih maksimal. 

2. Potensi yang Besar

Keuntungan lainnya bila iklan produk anda menggunakan iklan Shopee adalah bisa menjangkau segmen pasar yang lebih luas lagi. Konsumen platform marketplace ini sudah sangat banyak sehingga akan besar kemungkinan produk anda dikenal lebih banyak pengguna. Hal ini akan meningkatkan penjualan dan transaksi sehingga dapat mendongkrak potensi laba bisnis yang lebih besar. 

3. Naikkan Produk di Pencarian Shopee

Keuntungan lainnya yang bisa membantu meningkatkan produk usaha anda adalah dalam menaikkan tingkat kepopuleran produk anda dalam marketplace Shopee. Hal ini tentu akan sangat baik untuk membantu meningkatkan traffic pengunjung toko online anda dan juga bisa dijadikan peluang bagus untuk menarik pelanggan baru. 

4. Pembayaran Yang Mudah

Metode pembayaran merupakan salah satu hal yang banyak dikhawatirkan oleh pengiklan karena ada yang mengharuskan menggunakan Kartu Kredit. Untuk dapat mengaktifkan iklan, Anda cukup memasukkan jumlah saldo iklan shopee atau membeli paker saldo iklan dan perhatikan bahwa saldo iklan Anda cukup.

Jenis Iklan di Shopee

Tidak hanya promosi produk di shopee Layanan iklan Shopee memiliki jenis iklan berbeda-beda, tergantung objek yang ingin dipromosikan, sehingga Anda dapat memilih jenis iklan yang dapat disesuaikan dengan goals masing-masing.

A. Iklan Pencarian Produk

Salah satu jenis iklan yang disediakan oleh Shopee adalah Iklan Pencarian Produk. Iklan ini akan menampilkan iklan saat pembeli mengetikkan kata kunci untuk mencari suatu produk di halaman pencarian. Bila seseorang mengetik kata kunci serupa dengan produk anda, maka otomatis menampilkan iklan pada halaman hasil sesuai dengan tingkat popularitas produk yang banyak dibeli. 

B. Iklan Pencarian Toko

Iklan lainnya yang bisa anda pilih yang ada di Shopee adalah Iklan Pencarian Toko. Iklan Toko ini akan membantu untuk menampilkan toko Anda di bagian paling atas pada halaman pencarian. Dengan menggunakan fitur iklan ini, maka anda juga akan mempunyai pilihan untuk mengoptimasikan tagline dan gambar pada iklan anda. 

C. Iklan Produk Serupa

Iklan yang ditawarkan Shopee berikutnya adalah Iklan Produk Serupa. Iklan Shopee ini akan menampilkan produk anda kepada pembeli yang mencari produk yang serupa dengan produk anda. Iklan ini akan muncuk pada kolom Rekomendasi yang ada pada halaman utama, halaman Tanam Shopee, halaman Kamu Mungkin Juga Suka dan lainnya. 

D. Iklan Produk Otomatis

Iklan ini juga disebut dengan layanan iklan kata kunci. Dengan iklan ini akan membantu menampilkan iklan anda di halaman utama di kolom pencarian. Iklan jenis ini biasanya akan muncul di bagian samping produk yang dilihat oleh para pembeli potensial. 

E. Iklan Halaman Strategis

Jenis iklan lainnya yang ada di Shopee adalah Iklan Halaman Strategis. Iklan ini adalah iklan yang mempunyai exposure yang paling tinggi. Iklan ini akan menggunakan banner yang dipasang di halaman utama. Bila menggunakan jenis iklan ini juga akan membantu anda untuk mengarahkan customer ke beranda toko anda. 

Biaya Iklan Shopee

Shopee sendiri tidak menetapkan minimal atau maksimal biaya iklan yang bisa anda jalankan. Untuk memasang iklan di Shopee, akan ada besaran biaya yang akan dikategorikan ke beberapa segmen. Biaya iklan tersebut akan dibedakan berdasarkan jenis-jenis iklan atau Anda dapat menentukan besaran bidding yang Anda tawarkan untuk menampilkan produk Anda ke pembeli. Sehingga modal yang dibutuhkan untuk mengiklankan produk atau toko tergantung dari strategi Anda.

1. Biaya Iklan Pencarian Produk

Untuk Iklan Shopee pencarian produk, maka batas minimal yang ditetapkan oleh Shopee per kliknya adalah Rp 200 baik untuk tipe pencocokan luas maupun tipe pencocokan spesifik. Sedangkan untuk jumlah maksimalnya yaitu Rp 12 ribu baik untuk tipe pencocokan luas maupun tipe pencocokan spesifik.

2. Biaya Iklan Pencarian Toko

Untuk iklan pencarian toko, maka batas minimal yang ditetapkan oleh Shopee per klik iklan adalah Rp 240 untuk tipe pencocokan luas, Rp 200 untuk tipe pencocokan spesifik. Sedangkan untuk jumlah maksimalnya yaitu Rp 6 ribu untuk tipe pencocokan luasnya, dan Rp 5 ribu untuk tipe pencocokan spesifiknya. 

3. Biaya Iklan Produk Serupa

Untuk jenis iklan pencarian serupa, maka batas minimal yang ditetapkan oleh Shopee per klik iklan adalah Rp 150 baik untuk tipe pencocokan luas maupun tipe pencocokan spesifik. Sedangkan untuk jumlah maksimalnya yaitu Rp 5 ribu baik untuk tipe pencocokan luas maupun tipe pencocokan spesifik.

Kesimpulan

Itulah sekilas pembahasan tentang iklan di salah satu market place terbesar di Indonesia saat ini, Shopee. Iklan Shopee yang menggunakan cara digital ini dirasa memang lebih mampu menjangkau segmen pasar yang lebih luas. Terlebih ditengah persaingan bisnis di era modern yang serba teknologi, hal ini tentu sangat penting dilakukan.

Namun, tahukah Anda?

Kebanyakan toko mengaktifkan dan menjalankan iklan secara otomatis yang mendapatkan hasil konversi tidak jelas dan tidak konsisten sehingga mengurangi efektivitas iklan yang berakibat boncos dan merugi. Hal ini dikerenakan kurangnya melakukan riset dan optimasi pada kata kunci maupun konten pada produk Anda.

Untuk memenangkan persaingan dengan pengiklan lain maupun penjual organik lain, Selain memilih iklan Shopee secara manual dan memilih kata pencarian yang cocok untuk produk, detail lain yang perlu diperhatikan seperti Design Foto Produk, Judul, Harga, Bidding, Reputasi, Copywriting, Halaman Informasi Rincian Produk, Promo dll. Tentunya memerlukan tim yang tepat dan berpengalaman dalam melakukan riset tersebut.

Apakah bisnis anda sudah menggunakan salah satu ikan Shopee? Atau anda ingin bisnis anda lebih berkembang dengan menggunakannya? Cara pasang iklan di Shopee saat ini lebih mudah dengan hasil yang maksimal. Melalui Jasa Iklan Shopee di Doxadigital, pasang iklan hingga Optimasi Shopee Ads akan bisa dilakukan dengan mudah dengan hasil yang berkualitas. Konsultasi Gratis!

Please follow and like us:

Artikel Terbaru

10 Januari 2023
Apa Itu Motion Graphic, Jenis, Serta Animasi yang Cocok untuk Bisnis Read More
19 Desember 2022
Mengulik Potensi Strategi Email Marketing Dalam Bisnis dan Tools Terbaiknya Read More
15 Desember 2022
Content Marketing: Pengertian, Contoh dan Manfaat untuk Pemasaran Bisnis Read More
14 Desember 2022
Yuk Simak Cara Mengukur Efektivitas Influencer dalam Campaign Marketing Read More
13 Desember 2022
Digital Marketing B2B VS B2C, Kenali Pengertian dan Perbedaannya di Sini! Read More
12 Desember 2022
Website Marketing: Definisi, Ciri Ciri, dan Manfaatnya untuk Bisnis Read More
12 Desember 2022
6 Strategi Digital Marketing B2B Paling Efektif untuk Membangun Bisnis Read More
8 Desember 2022
Mengenal Apa itu Facebook CPAS dan Manfaatnya Untuk Bisnis Read More
18 Oktober 2022
6 Cara Meningkatkan Penjualan dengan Facebook Ads Read More
18 Oktober 2022
Perbedaan KOL dan Influencer beserta Manfaatnya untuk Bisnis Read More
18 Oktober 2022
Ingin Bangun Bisnis Ekspor? Ini 6 Cara Manfaatkan International SEO untuk Bisnis Anda Read More
11 Oktober 2022
Artikel Blog untuk Meningkatkan Trafik dan Pendapatan Bisnis Anda Read More
6 Oktober 2022
Simak 7 Keuntungan Beriklan di Facebook Ads bagi Bisnis Anda Read More
24 Januari 2023
Waspada Penipuan Online Berkedok Doxadigital Read More
16 Januari 2023
Apa Itu CRM? Pahami Fungsi untuk Perusahaan dan Fiturnya Read More
11 Januari 2023
Iklan di TikTok Ads untuk Pertumbuhan Bisnis Anda Read More
crossmenu