Fraud Blocker
Logo Doxadigital
8 Desember 2022 

Mengenal Apa itu Facebook CPAS dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Mengenal Apa itu Facebook CPAS dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Pasar digital saat ini memang sedang berkembang dan punya prospek yang baik untuk bisnis. Strategi marketing digital untuk kepentingan keuntungan bisnis akan menjanjikan dengan cara pemasaran yang lebih efektif namun juga hemat. Salah satunya adalah dengan collaborative ads seperti Facebook CPAS. Kenali apa itu CPAS dan apa saja manfaatnya yang banyak digunakan saat ini.

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Penjualan dengan Facebook Ads

Mengenal Apa Itu CPAS?

Dalam dunia teknologi digital saat ini dikenal istilah CPAS adalah Collaborative Performance Advertising Solution. CPAS merupakan fitur dari Facebook. Dengan sistem digital marketing satu ini, akan memungkinkan iklan produk Anda yang ada di marketplace akan bisa dilihat oleh pengguna Facebook. 

Cara kerjanya adalah, dengan cara Facebook menjalin hubungan kolaborasi iklan dengan berbagai marketplace yang Anda digunakan. Hal ini tentu saja akan menjadi penawaran yang bagus karena pengguna marketplace saat ini sedang terus mengalami lonjakan dan penjual dapat meningkatkan penjualan marketplace dengan menjalankan iklan facebook. Strategi digital marketing ini akan membuat Anda tidak perlu repot lagi menggunakan website. 

Perbedaan Facebook CPAS dan Facebook Ads

Mungkin untuk sebagian orang akan masih bingung untuk membedakan antara Facebook Ads dengan Facebook CPAS. Walaupun keduanya sama sama berhubungan dengan marketing digital, namun konsep yang digunakan tentu saja berbeda. Facebook Ads adalah layanan berbayar untuk mengiklankan produk di dalam Facebook. Tentunya konversi iklan hanya bisa diarahkan ke website atau e-commerce bisnis Anda dan juga dapat diarahkan ke akun Facebook dan instagram bisnis. Sehingga produk yang Anda miliki pada marketplace tidak dapat Anda iklankan di platform facebook.

Iklan yang Anda pasang di layanan Facebook Ads kemudian akan muncul di berbagai macam jaringan sosial media lainnya seperti Instagram dan Audience Network. Namun bila menggunakan CPAS segmen pasar Anda akan lebih meluas karena produk yang ada di marketplace, dapat Anda iklankan dan dapat menjangkau pengguna Facebook. Sehingga Anda dapat menargetkan iklan lebih luas dan tertarget melalui fitur iklan Facebook.

Hal ini karena adanya kolaborasi antara platform periklanan Facebook dengan marketplace khususnya yang ada di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lainnya. Sehingga permasalahan Facebook Ads yang tidak dapat melakukan konversi ke halaman marketplace saat ini dapat terarasi dengan menggunakan fitur ini.

Manfaat CPAS Bagi Bisnis Online

1. Promosi Produk yang Relevan

Banyak manfaat yang akan bisa dirasakan bila bisnis Anda menggunakan strategi marketing digital satu ini. Salah satunya adalah sebagai sarana untuk promosi produk yang lebih efisien dan lebih tepat sasaran. Hal ini karena sistem yang digunakan jelas akan menyasar segmen pasar yang membutuhkan produk tersebut. 

2. Mengarahkan Traffic Secara Langsung

Fitur Facebook CPAS ini akan membuat strategi pemasaran produk Anda akan lebih tepat sasaran. Peluang toko atau bisnis Anda mendapatkan banyak pelanggan yang potensial akan semakin besar. Hal ini karena fitur CPAS ini akan membantu mengarahkan pengguna platform facebook untuk membuka link produk yang Anda jual di marketplace. 

3. Optimasi Iklan

Seiring dengan perkembangan teknologi digital di era modern ini, banyak usaha yang mulai melirik penggunaan digital untuk iklannya. Strategi marketing digital ini dirasa lebih efektif karena akan menjangkau pasar lebih efektif, seiring dengan pengguna sosial media yang terus bertambah setiap harinya. Tentu hal ini akan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bukan?

Hal ini dikarenakan performa iklan pada Facebook lebih baik dibandingkan dengan fitur iklan pada yang merketplace yang kurang detail dalam mengolah data dan penargetan.

4. Laporan Konversi

Manfaat lainnya bila usaha Anda menggunakan fitur CPAS adalah Anda dapat mendapatkan laporan konversi yang lebih lengkap dan detail. Laporan konversi adalah sistem lacak yang akan membuat Anda mengetahui siapa saja pengunjung yang melihat iklan Anda seperti bagaimana demografi, ketertarikan dan lainnya.

Selain itu laporan konversi dapat mengukur tingkat konversi iklan digital yang dijalankan. Hal ini tentu akan berguna sebagai dasar analisis bisnis Anda dan sebagai bahan evaluasi yang baik kedepannya. 

5. Calon Pembeli yang Lebih Luas

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa pengguna media sosial dan platform digital saat ini selalu bertambah setiap hari. Sehingga hal ini akan menjadi peluang bisnis yang baik bila dimanfaatkan dengan maksimal. Melakukan promosi melalui media sosial akan membantu Anda mendapatkan segmen pasar yang lebih luas. 

Tentunya Anda dapat menjalankan iklan dari Facebook ataupun iklan yang disediakan oleh setiap marketplace. Sehingga Anda dapat menentukan iklan mana yang memiliki performa lebih baik, sehingga dapat dianalisis juga apakah ingin menggunakan beberapa fitur iklan atau menggunakan semuanya.

Target Market CPAS yang Dapat Dijangkau

A. Pengunjung Marketplace

Sebagai contoh, ketika pengguna shopee belum pernah datang ke toko shoppe Anda namun pernah melihat produk yang serupa dengan produk Anda, maka ketika anda memasang CPAS di Shopee, iklan produk serupa Anda akan dapat muncul pada facebook atau instagram mereka. Sehingga sangan bermanfaat untuk meningkatkan Awareness.

B. Pernah Membeli produk di Marketplace

Kita ambil contoh yang sama, ketika pengguna melakukan pembelian di shopee kompetitor maupun toko Anda, iklan yang dipasang dapat menjangkau pengguna tersebut. Data pelanggan dapat dipelajari berdasarkan histori aktifitas mereka.

C. Klik Iklan Kompetitor

Salah satu segmen pasar lainnya yang akan bisa dituju bila Anda menggunakan strategi marketing dengan CPAS Facebook ini adalah Anda dapat menjangkau orang yang pernah berinteraksi dengan iklan yang dipasang oleh kompetitor lain sebelumnya. Sehingga iklan yang Anda tawarkan dapat terlihat pada pengguna tersebut.

Target market yang telah disebutkan diatas tidak hanya berguna untuk pengguna CPAS Shopee saja namun pengguna CPAS di Tokopedia, Lazada dan lainnnya.

Penerapan Facebook CPAS

A. CPAS Shopee

Salah satu marketplace yang bekerja sama untuk menggunakan fitur CPAS ini adalah Shopee. Bila ingin memasang iklan di Shopee ini, Anda tidak memerlukan toko secara fisik. Beberapa syarat untuk menggunakan CPAS Shopee adalah seperti mempunyai ID Seller yang aktif, ID Facebok, dan punya Facebook Ad Account ID yang baru.

B. CPAS Tokopedia

Satu lagi marketplace yang bisa dipilih untuk menjalankan fitur Facebook CPAS ini adalah Tokopedia. Beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain seperti terdaftar sebagai official store di Tokopedia, jumlah produk minimal 20 SKU, mempunyai akun bisnis manager, gambar produk sebesar 600px x 600px dan tidak menjual produk berbahaya.

C. CPAS Lazada

Pilihan marketplace lainnya adalah Lazada. Cara untuk memasang CPAS di Lazada ini mudah saja yaitu dengan membuka Facebook CPAS Directory  kemudian cari Lazada. Klik View Profile, lanjut dengan klik Start Request. Lengkapi form yang disediakan dan kemudian tunggu informasi selanjutnya dari Facebook Representative atau pihak Lazada.

Kesimpulan

Fitur CPAS yang disediakan oleh Facebook ini menjadi suatu pilihan marketing digital yang efektif dan efisien untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun untuk sayangnya menggunakan CPAS, Anda tidak bisa menjalankannya sendiri secara langsung. Hal ini karena untuk menggunakan fitur iklan ini akan membutuhkan bantuan RM atau Relationship Manager.

Setiap Relationship Manager tersebut akan berbeda berasal dari berbagai macam marketplace yang bekerja sama dengan Facebook. Oleh karena itu, tidak semua pengiklan dapat menggunakan fitur CPAS.  Relationship Manager tersebut biasanya akan dikelola langsung oleh Jasa Iklan FB Ads yang memang sudah ditunjuk oleh Facebook CPAS seperti Doxadigital Creative Digital Marketing Agency

Itu dia sekilas tentang salah satu strategi digital merketing yang potensial digunakan saat ini. CPAS akan membuat produk bisnis Anda di marketplace dapat dilihat oleh lebih banyak pengguna dari berbagai macam platform marketplace ke jaringan facebook. Strategi marketing digital ini akan membuat usaha Anda lebih berkembang dengan anggaran yang lebih efisien. Konsultasikan Kebutahan Bisnis Anda Sekarang, GRATIS!

Please follow and like us:

Artikel Terbaru

10 Januari 2023
Apa Itu Motion Graphic, Jenis, Serta Animasi yang Cocok untuk Bisnis Read More
19 Desember 2022
Mengulik Potensi Strategi Email Marketing Dalam Bisnis dan Tools Terbaiknya Read More
15 Desember 2022
Content Marketing: Pengertian, Contoh dan Manfaat untuk Pemasaran Bisnis Read More
14 Desember 2022
Yuk Simak Cara Mengukur Efektivitas Influencer dalam Campaign Marketing Read More
13 Desember 2022
Digital Marketing B2B VS B2C, Kenali Pengertian dan Perbedaannya di Sini! Read More
12 Desember 2022
Website Marketing: Definisi, Ciri Ciri, dan Manfaatnya untuk Bisnis Read More
12 Desember 2022
6 Strategi Digital Marketing B2B Paling Efektif untuk Membangun Bisnis Read More
8 Desember 2022
Mengenal Apa itu Facebook CPAS dan Manfaatnya Untuk Bisnis Read More
18 Oktober 2022
6 Cara Meningkatkan Penjualan dengan Facebook Ads Read More
18 Oktober 2022
Perbedaan KOL dan Influencer beserta Manfaatnya untuk Bisnis Read More
18 Oktober 2022
Ingin Bangun Bisnis Ekspor? Ini 6 Cara Manfaatkan International SEO untuk Bisnis Anda Read More
11 Oktober 2022
Artikel Blog untuk Meningkatkan Trafik dan Pendapatan Bisnis Anda Read More
6 Oktober 2022
Simak 7 Keuntungan Beriklan di Facebook Ads bagi Bisnis Anda Read More
24 Januari 2023
Waspada Penipuan Online Berkedok Doxadigital Read More
16 Januari 2023
Apa Itu CRM? Pahami Fungsi untuk Perusahaan dan Fiturnya Read More
11 Januari 2023
Iklan di TikTok Ads untuk Pertumbuhan Bisnis Anda Read More
crossmenu