Logo Doxadigital
9 Agustus 2015 

SEO vs Adwords

SEO vs Adwords

Ada beragam jalur pemasaran online, namun sebagai agency yang menyediakan jasa adwords dan jasa seo, topik ini (SEO atau PPC) adalah salah satu hal yang paling sering ditanyakan oleh calon klien kami. Pada artikel ini kami akan mengulas karakteristik dari dua jalur pemasaran online ini.

Pemasaran melalui SEO (Search Engine Optimization)

Melalui strategi SEO yang benar, setelah beberapa lama melakukan optimasi situs anda tentunya akan dapat bertahan pada halaman pertama untuk jangka waktu yang sangat lama. Tentunya hal ini berkaitan dengan hematnya biaya pemasaran bagi bisnis anda. Mengapa kami katakan hemat (dan bukan murah)? Karena tentunya berkaitan dengan biaya yang anda investasikan untuk melakukan optimasi SEO.

Berbeda dengan periklanan melalui jalur PPC (Adwords) karena tampilnya situs anda dalam halaman pertama Google sangat bergantung pada budget harian anda.

Hal lain yang menarik adalah teknologi Latent Semantic Index (LSI), yaitu teknologi yang digunakan Google untuk melihat padanan kata yang berkaitan dengan halaman yang sedang dioptimasikan. Contohnya, anda melakukan optimasi untuk “Jasa Iklan Adwords”, sejalan dengan optimasi SEO anda terhadap kata kunci tersebut Google mungkin memberikan kepada anda peringkat kata kunci lain yang sepadan, seperti “Jasa Google Adwords” atau “Jasa Iklan Google Adwords”. Selama kata kunci tersebut memiliki pencarian, tentunya ini adalah ‘bonus’ untuk anda, sekali investasi anda bisa dapatkan awareness untuk beberapa kata kunci.

Dilihat dari sudut pandang ini, SEO bisa dilihat sebagai investasi jangka panjang bagi pemasaran online bisnis anda.

Pemasaran melalui PPC (Pay per click dengan Adwords)

Hal yang paling menarik dari strategi PPC adalah kecepatan hasil yang anda dapatkan. Cukup melakukan deposit dan set akun Adwords anda, jika telah teroptimasi dengan benar, dalam kurun waktu 30 menit atau kurang, anda langsung dapat ‘menikmati’ tampilnya brand/produk/layanan anda pada seluruh kata kunci yang anda inginkan.

Hal menarik lain dibanding SEO adalah kemampuan anda mengubah pesan anda pada pengguna Google kapan saja anda inginkan. Misal dalam menyambut tahun baru, pesan iklan anda adalah “promo akhir tahun”, lalu pada tengah tahun anda ingin mengganti dengan “promo liburan sekolah”. Hal ini mudah dan cepat sekali dengan Google Adwords, berbeda dengan SEO yang kadang memerlukan waktu untuk mengubah struktur kata kunci pada halaman anda (belum lagi resiko peringkat yang turun akibat struktur kata di halaman berubah).

Poin tambahan lain adalah dukungan langsung dari Google! Ya, berbeda dengan SEO, pemasaran melalui PPC sangat didukung oleh Google, bahkan pengiklan dapat langsung menelepon Google untuk melakukan konsultasi terhadap permasalahan yang terjadi. Hal ini berbanding terbalik dengan SEO, dimana Google menjaga rahasianya rapat-rapat, bahkan sesama konsultan atau pelaku SEO pun memiliki teknik yang berbeda-beda.

OK! Ini yang perlu anda pertimbangkan lebih…

Mendapatkan bisnis anda ditampilkan pada halaman pertama Google adalah mimpi dari setiap pemasar online, sebenarnya ini adalah masalah probabilitas, pikirkan ini:

Halaman pertama Google dapat menampilkan rata-rata 21 link halaman website (10 Google Organik + 11 Single Google Adwords Listing, tidak termasuk sitelink) - ini belum termasuk listing Google Map dalam hasil organik.

Pada akhirnya ini adalah masalah probabilitas. Jika anda bisa menempatkan 1 listing situs anda melalui SEO, maka persentase anda adalah 1/21 (4%), jika menggunakan PPC saja, persentase juga sama. Namun, jika anda menggunakan keduanya, persentase anda sebenarnya mencapai 8%. Ini adalah pertimbangan logis tentang kemungkinan yang terjadi.

Lalu bagaimana jika keterbatasan budget menyebabkan anda harus memilih salah satu?

Gunakan SEO bila:

  • Orientasi anda tidak untuk penjualan (sales) dalam jangka dekat
  • Anda memilih untuk tidak bergantung pada biaya bulanan sepanjang waktu
  • Pasar anda bukan sesuatu yang mudah dalam melakukan transaksi secara online, contoh: Forex
  • Produk anda tidak bisa atau sulit untuk dipromosikan melalui PPC seperti suplemen makanan, politik , mlm, dan lain sebagainya

Gunakan PPC bila:

  • Anda ingin mendapatkan respon pelanggan secara cepat
  • Perusahaan sedang berfokus pada penjualan
  • Produk baru sedang diluncurkan dan anda ingin mengadakan test pasar
  • Pesaing utama anda menggunakan PPC. Ya ! karena dalam hal kecepatan hasil, PPC adalah juaranya, pasar online merupakan arena ‘bertarung’ yang sangat sengit dimana target market anda ‘dibombardir’ oleh banyak sekali pesan pemasaran. Jika kompetitor anda telah melakukan pemasaran PPC, tentunya anda harus cepat merespon karena anda dan kompetitor sedang melihat pasar yang sama.

Pada akhirnya baik SEO dan PPC hanyalah 2 pilihan dari banyak pilihan pemasaran online yang lain. Masih ada pemasaran melalui media sosial yang tidak kalah potensial! Sehingga apakah anda akan menggunakan jasa adwords atau jasa seo atau malah langsung keduanya, tentunya bergantung pada budget dan program pemasaran anda.

-------------------------------------------

Doxadigital menyediakan jasa SEO dan jasa Adwords untuk pelaku bisnis di Indonesia. Jika anda berminat, silahkan menggunakan form ini atau telp melalui 021+5324093, salah satu akun manager kami akan segera menghubungi anda kembali.

crossmenu