Percaya atau tidak ? jangkauan organik facebook page terhadaps fans anda akan segera turun drastis, paling tidak inilah yang sudah terjadi dalam 6 bulan terakhir seperti yang dilaporkan blog Valleywag yang sering meliput berita dari sillicon valley (baca: “Facebook Is Ending the Free Ride”).

Ini artinya jika perusahaan besar seperti Nike, yang telah mengumpulkan fans hingga 16 juta, mungkin hanya bisa menjangkau sekitar 160.000 diantaranya saat mereka melakukan update post pada fanspage mereka.

**catatan: jika anda pengguna facebook, tenang saja, facebook belum ada rencana untuk melakukan monetisasi melalui penggunanya, so facebook’an akan tetap free**

Sejarah Singkat dari Facebook Organic Reach

Sejak Facebook pages untuk bisnis diluncurkan sejak 2007, Organic Reach (jangkauan organik, tanpa ads) memang menurun. Pada bulan april 2012 kemarin, facebook sendiri membuat pernyataan bahwa Fan Pages hanya dapat menjangkau 16% dari fans mereka secara rata rata.

Namun sebuah agency terkemuka di New York, Ogilvy, melakukan penelitian dari brand international pada 106 negara dan hasilnya cukup mengejutkan bahwa Organic Reach pada bulan oktober 2013 telah turun rata-rata hingga 12% dan pada bulan februari kembali mengalami penurunan hingga menjadi 6.15%. Bahkan dari 23 Facebook Pages yang memiliki lebih dari 500.000 like, mengalami penurunan terbanyak dari 4.04% Oktober hingga 2.11% di bulan Februari. (baca lengkap  disini: Brands’ Organic Facebook Reach Has Crashed Since October: Study)

Pada musim panas kemarin, Facebook telah mengakui bahwa salah faktor berkurangnya organic reach ini adalah karena makin berkurangnya area pada ‘newsfeed/timeline’ dari pengguna facebook disebabkan oleh banyaknya pengiklan. Bahkan mereka sudah mulai memberi aba-aba, bahwa mungkin bisa terjadi disuatu saat bahwa tidak ada lagi tempat untuk sebuah posting organik !

Sebagai pebisnis dan pemilik brand, apa yang perlu anda lakukan ?

Tampaknya, sejalan dengan waktu, anda perlahan akan ‘dipaksa’ untuk mulai beralih menggunakan layanan facebook ads untuk “mengiklankan” brand anda kepada fans anda.

Namun tetap ada kabar baiknya, Brian Carter, salah satu founder dari Moz, perusahaan yang bergerak dalam membuat aplikasi inbound marketing melakukan penelitian yang hasilnya menggembirakan, bahwa dalam pengeluaran biaya dalam meraih menjangkau 1000 orang melalui berbagai media (media buying), menempatkan facebook ads menjadi media termurah.

Hasil gambar untuk fb ads

Ini artinya, jika anda memiliki biaya beriklan $1, melalui facebook anda bisa menjangkau 4000 orang, murah bukan ? baca beritan lengkap moz-fbads disini

Solusi dengan FB Ads ?

Fakta bahwa organic reach mengalami penurunan sudah terjadi, dan berbagai studi pun telah membuktikannya. Tantangan pebisnis dan brand saat ini adalah melakukan perencanaan untuk melakukan promosi melalui facebook ads dengan matang.

Mahal ? saya rasa tidak, saya setuju dengan pernyataaan dari Brian Carter yang mengatakan bahwa “Jika anda tidak dapat melakukan spending $30 per bulan ($1 setiap hari pada facebook ads),  and seharusnya tidak melakukan bisnis !”

Anda hanya perlu melakukan perencanaan dengan baik dan terukur.

 

—————————————-

Ingin melakukan perencanaan strategi iklan dengan facebook ads atau google adwords, hubungi tim digital kami atau telp di 021-5324093

 

Doxadigital Creative & Digital Agency Jakarta, Indonesia


  • : info@doxadigital.com
  • : 021-5324093/94
  • : Jalan Kebon Jeruk Raya No.9 Blok C4, Ruko Permata
    Jakarta 11530, Indonesia

Pin It on Pinterest

Share This