Dilansir dari We Are Social dan Hootsuite pada akhir januari 2018 lalu, pengguna internet di dunia telah mencapai angka 4 miliar pengguna dan mengalami peningkatan dari waktu sebelumnya yang baru mencapai angka 3,8 miliar. Ini berarti lebih dari setengah populasi dunia terkoneksi dengan internet. Pertumbuhan pesat ini turut membuat peningkatan yang signifikan terhadap penggunaan media sosial.

Hingga akhirnya penggunaan media sosial saat ini merambat ke dalam dunia usaha dan seakan menjadi tolak ukur keberhasilan usaha dan bisnis. Oleh karena itu, dengan menggunakan strategi digital marketing yang efektif tentunya dapat membuat usaha atau bisnis yang sedang Anda jalankan dapat berkembang dengan sangat mudah dan cepat.

Akan tetapi, jika kamu pernah bertanya – tanya konten seperti apakah yang disukai oleh orang dan bagaimana penyampaian konten yang cocok kamu gunakan untuk mengantarkan pesanmu, itu adalah langkah awal yang bagus. Karena pada dasarnya konten marketing dan media sosial marketing itu berhubungan dengan erat. Media sosial yang bagus berarti ia mempunyai konten yang bagus pula. Karena itu, dibutuhkan pemahaman yang benar mengenai tipe konten media sosial yang baik agar terbentuknya loyalitas pelanggan terhadap bisnis yang sedang anda jalankan. Yuk, simak ulasan di bawah ini

Informatif

Pada konten bertema edukasi ini, Anda diminta untuk memberikan informasi yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk target audiens Anda. Dan perhatikan bahwa tujuan utama dari konten ini adalah untuk membangun kepercayaan Brand anda di mata audiens. Oleh karena itu, perhatikan pemberian informasi yang masih berhubungan dengan produk yang Anda miliki

Contoh yang dapat Anda lakukan adalah tips & tricks, infografis, studi kasus, dan how – to, dan sebagainya

Komunikasi

Konten ini mengutamakan interaksi keterlibatan dua arah antara audiens dengan brand. Oleh karena itu fokuskan pesan yang dapat mengajak audiens Anda untuk turut berkomentar dan turut ikut campur dalam postingan konten Anda. Bukan hanya itu saja anda juga diharapkan sebisa mungkin untuk berinteraksi dengan audiens  pada kolom komentar. Hal ini dilakukan agar Brand Anda diketahui sebagai Brand yang peduli dengan tanggapan dan pendapat yang datang dari audiens.

Pola konten yang dapat anda lakukan berupa fill in the blanks, diskusi, polling, dan sebagainya

Hiburan

Secara harfiah, media sosial memang digunakan untuk bersosialisasi dan membangun tali silaturahmi dengan sesama. Oleh karena itu konten dengan tema menyenangkan seperti ini akan mempunyai persentase viral lebih tinggi daripada yang lain.

Berikut ini jenis konten yang dapat anda gunakan, yakni games, meme, giveaway, dan lain – lain

Promosi

Konten ini sebagian besar digunakan untuk memperkenal produk baru atau promo yang sedang on going pada perusahaan Anda kepada audiens. Untuk lebih mudahnya adalah penyebaran informasi mengenai kedua hal tersebut secara lebih luas.

Contoh konten yang dapat lakukan adalah dengan kuis berhadiah, voucher, testimony, dan call to action email

Inspirasi

Konten dengan kategori tema inspirasi ini pada dasarnya dapat memperbaiki mood audiens yang melihat Posting-an Anda, dan biasanya konten seperti ini kerap mengundang engagement yang banyak.

Konten ini juga tidak harus selalu berupa quote, karena konten dengan tema fakta – fakta menarik, kisah inspiratif atau kutipan seseorang juga dapat kamu coba.

Dari sekian banyak jenis konten yang sudah dijabarkan diatas, Anda tidak perlu ragu dan takut untuk mencobanya. Karena Anda dapat mencoba beberapa jenis kategori konten tersebut dan melihat kategori mana yang lebih disukai oleh audiens-mu dan jenis apa pula yang cocok untuk menyampaikan pesan Anda. Dari sini Anda bisa mengoptimalkan strategi konten media sosial untuk mendukung pemasaran bisnis Anda secara online

Karena dengan mencoba jenis konten tersebut, Anda dapat menemukan jenis kategori konten mana yang mempunyai engagement terbaik dan dapat menyampaikan pesan tujuan anda dengan jelas. Dari sini, Anda juga dapat mengoptimalkan strategi bisnis online Anda dengan penggunaan media sosial. Selamat berkreasi! Jangan lupa untuk share artikel ini ya! See you in another article

Doxadigital Creative & Digital Agency - Jakarta, Indonesia

Get in Touch

  • PT. Doxadigital Indonesia
  • : info@doxadigital.com
  • : 021-5324093/94
  • : Jalan Kebon Jeruk Raya No.9
  • Blok C4, Ruko Permata
  • Jakarta 11530, Indonesia
Hubungi Kami? Klik disini!
Klik Logo Untuk Kontak