Beberapa waktu lalu para pemasar online terkejut karena Google menghilangkan informasi kata kunci yang digunakan pada pencarian organik, kini pencarian berbayar (Paid Search) akan mengalami hal yang sama.

Oktober 2011, Google mengeluarkan pengumuman yang cukup mengejutkan bagi pemasar online bahwa dengan alasan privasi dan keamanan mesin pencari Google akan secure search protocol (https) yang secara otomatis menghentikan infomasi kata kunci yang digunakan pengunjung situs melalui pencarian organik, hal ini menyebabkan para pemasar dan webmaster akan memiliki informasi yang sangat minim dalam meneliti kata kunci populer situs mereka melalui strategi SEO bila dianalisa melalui Google Analytics

9 April 2014 kemarin, melalui blog mereka, Google mengumumkan bahwa kini dengan alasan yang sama yaitu privasi pengguna, Google kembali menghilangkan informasi pencarian kata kunci tersebut dalam pencarian berbayar melalui Google Adwords.

Spekulasi mengenai kebijakan kata kunci Google

Walau dalam blog resmi mereka, Paul Feng yang merupakan Product Management Director dari Adwords mengatakan bahwa hal ini dilakukan untuk keamanan pengguna layanan google, namun kebijakan ini tampaknya akan mengejutkan layanan pihak ke-3 yang selama ini bergantung pada data tersebut untuk pelaporan  kampanye PPC mereka. Tampaknya para pihak ke-3 harus mulai beralih ke Adwords API yang lebih complicated daripada menggunakan parameter ‘search query’.

 

Apakah anda masih bisa melakukan analisa kata kunci berbayar ?

Bisa ! Namun kini anda hanya dapat melakukannya melalui dashboard Google Adwords anda. Sebuah fitur dalam adwords yang dikenal dengan “Search term report”masih dapat anda akses.

Hasil gambar untuk contoh Search Term pada jasa adwords

ini bukanlah pelaporan baru, namun fitur yang sudah lama ada dalam dashboard Google Adwords anda.

Apakah saya harus kuatir ?

Saya pikir tidak, bagi anda para pemasar dan konsultan jasa adwords yang selama ini menggunakan analisa kata kunci, anda hanya perlu merubah proses analisa anda dari Google Analytics menuju Google Adwords. Yang sangat ‘terpukul’ akan kebijakan ini adalah aplikasi pihak ke-3 yang menggunakan data tersebut, karena otomatis aplikasi mereka tidak mungkin mendapatkan data tersebut kembali.

 

=========================================================

Bila anda memerlukan layanan jasa adwords ataupun strategi pemasaran digital lainnya, silahkan hubungi kami di 021-5324093 atau email ke info@doxadigital.com

 

Doxadigital Creative & Digital Agency Jakarta, Indonesia


  • : info@doxadigital.com
  • : 021-5324093/94
  • : Jalan Kebon Jeruk Raya No.9 Blok C4, Ruko Permata
    Jakarta 11530, Indonesia

Pin It on Pinterest

Share This