Logo Doxadigital
26 Februari 2014 

Saat desain tidak 'menjual' justru menjual

Saat desain tidak 'menjual' justru menjual

Pada tahun 2013, thetimes.co.uk mengadakan optimasi situs untuk meningkatkan penjualan subscription package mereka yang di mulai dari harga 2pounds per hari, namun justru sesuatu menarik dari hasil testing ini.

Sebelum anda melanjutkan membaca artikel ini, ada baiknya anda melihat dua variasi desain dibawah ini terlebih dahulu:

7 Ways to Write More Engaging, Compelling Website Copy | WordStream

Jika anda harus memilih satu dari dua desain diatas, mana yang anda akan pilih variasi A atau B ?

Jika anda memilih Variasi B, berarti anda seperti kebanyakan orang (dan saya juga memilih B). Memang secara visual variasi B memberikan lebih banyak ruang (spacing) antar teks sehingga secara keseluruhan situs lebih enak dibaca. Pemilihan banner juga secara visual lebih baik dan rapi dibandingan dengan variasi A. Sebuah polling dilakukan di Internet, dan memang variasi B mendapatkan 52% suara dibandingkan variasi A (22%).

Namun.. ada sebuah fakta mengejutkan dari testing ini. Walaupun variasi B memiliki visual yang lebih baik dan nyaman, namun percayakah anda bahwa versi original (variasi A) menang dari segi penjualan ? Bahkan secara statistik, jumlah klik pada variasi A adalah 115% lebih banyak daripada variasi B dan varias A juga mendapatkan 99.9% rasio kepercayaan pengunjung !

Sebenarnya ada 5 variasi lagi yang diujicoba oleh salah satu agency di london ini, namun variasi B dan 5 varian lainnya, ternyata memiliki 1 perbedaan utama dengan variasi A. Dan perbedaan itu adalah hanya dalam 8 kata, yaitu :

“Want the Full Article and Instant Website Access?”

Silahkan anda lihat lagi variasi A-nya. Kesimpulan test ini begitu menarik sehingga memenangkan silver ribbon dari WhichTestWon 2014 Online Testing Awards

Apa yang bisa kita pelajari dari sini ?

Powerful Headline ! Ya, apakah anda mengetahui bahwa sebuah Headline yang powerful bisa mengalahkan sebuah visual desain yang baik ? logikanya sederhana saja, karena dalam situs anda, orang mencari Informasi yang mereka butuhkan dan tehnik pembuatan judul dan headline yang baik, secara psikologis dapat membuat kata-kata 'melompat' dari halaman anda. Saya suka sekali sebuah buku yang dikarang oleh Steve Kurg berjudul "Don't make me thing" , sebuah buku yang layak anda baca, terutama bila anda serius mengunakan internet sebagai salah satu media bisnis anda. Dalam bukunya, Steve Kurg mempunyai pendapat demikian:

"Designer senang dengan petunjuk dan isyarat penuh makna, karena hal tersebut merupakan salah  ciri desain yang canggih dan berkelas. Tapi pengguna web pada umumnya sangat terburu-buru sehingga mereka sering kali kehilangan isyarat dan petunjuk tersebut"

Pelajaran lain yang bisa kita ambil adalah Test, Test, dan Test ! Jika thetimes.co.uk langsung mengaplikasikan desain baru mereka hanya karena terlihat baik, berapakah keuntungan yang hilang ? Nah, jika anda menggunakan jasa seo dan jasa adwords, itu memang baik, namun tugas mereka hanya satu, mendatangkan pengunjung yang tertarget dengan market anda. Anda masih memiliki tugas lain yaitu membuat situs anda nyaman digunakan dan tentunya memiliki engagement dan konversi yang anda harapkan

Setuju ?

--------------------------------------------------------------------------------------

Ingin konsultasikan pemasaran situs anda ? hubungi kami di 021-5324093 atau email info@doxadigital.com

crossmenu