Kehadiran chat bot menjadi salah satu trend marketing di tahun 2018. Ya, karena chat bot memberikan kemudahan bagi para pemilik bisnis untuk membantu dalam melayani pertanyaan dari konsumen terkait produknya. Nah, fitur chat bot ini cocok banget nih untuk kamu jadikan sebagai asisten bisnis yang melayani pertanyaan pada akun bisnis kamu, apalagi jika followers akun tersebut sudah banyak dan kamu tidak memiliki banyak waktu untuk melayani pertanyaan konsumen. Untuk selengkapnya, yuk kenal lebih dekat dengan chat bot dalam ulasan artikel berikut ini.

Apa itu Chat bot?

Chat bot adalah sebuah program komputer dengan kecerdasan buatan (artificial intelligent) yang dapat berinteraksi kepada satu orang atau lebih, baik dalam bentuk audio maupun text. Karena ia sebuah program dengan kecerdasan buatan, maka ia dapat berinteraksi menyerupai manusia pada umumnya. Chat bot ini biasa di manfaatkan untuk melayani pertanyaan terkait informasi yang di cari oleh pengguna. Program ini sudah di gunakan oleh salah satu platform sosial media, LINE yang membuat chat bot untuk melayani pertanyaan atau memberikan informasi kepasa penggunanya terkait LINE . Baru setelah itu akhirnya semakin banyak sosial media yang turut menggunakan chat bot.

Fungsi Chat Bot

Supaya semakin mengenal dekat dengan chat bot dan setelah mengetahui artinya, sekarang ketahui lebih dalam mengenai fungsi dari chat bot itu sendiri. Ada 3 fungsi dari chat bot yang dapat kamu ketahui, apa saja itu?

  • Meningkatkan Pendekatan dan Pelayanan terhadap Customer

Coba deh bayangkan, betapa menyenangkannya jika kamu memiliki asisten yang tidak pernah lelah, tidak pernah sibuk, tidak pernah mengeluh ketika harus 24 jam non stop melayani semua pertanyaan dari customer kamu. Sudah gitu bahasa yang digunakannya selalu sopan dan menyenangkan konsumen? tentu hal ini akan menjadi nilai lebih untuk toko bisnis kamu.Sehingga konsumen menjadi loyal dan senang berbelanja di toko online mu. Nah, inilah yang dinamakan fungsi chat bot untuk meningkatkan pendekatan dan pelayanan terhadap konsumen. Dengan layanan chat bot, konsumen dapat merasakan seperti berinteraksi langsung dengan manusia pada umumnya.

  • Memberikan pengalaman Berbelanja yang lebih mudah

Ini yang menjadi bagian menarik dari fungsi chat bot, yaitu memberikan pengalaman berbelanja lebih mudah. Jadi, semisalnya saat kamu memasuki sebuah laman website toko online atau aplikasi, biasanya kamu akan merasa kebingungan saat mencari produk terbaik atau best seller yang direkomendasikan. Tapi, berkat kehadiran dari chat bot dapat memberikan kamu rekomendasi barang-barang apa aja yang termasuk dalam kategori produk best seller. Biasanya, fitur chat bot ini sudah diprogram sedemikian berkat kecerdasan buatan dari programnya, lebih menyenangkan dan memudahkan, bukan?

  • Meningkatkan Penjualan dan Menurunkan Biaya Operasional

Dari kemudahan dalam berinteraksi dengan banyak konsumen dalam satu waktu, dan memberikan rekomendasi mengenai produk-produk terbaik, hal ini dapat membantu untuk menurunkan biaya operasional. Sehingga kamu tidak perlu lagi kerepotan mencari orang untuk dijadikan sebagai customer service. Selain itu juga Chatbot juga didesain untuk menawarkan iklan produk kepada konsumen dengan lebih menarik dan personal namun dengan biaya yang sangat terjangkau.

Itulah 3 fungsi dari chat bot yang penting untuk kamu ketahui. So, sudah siap untuk beralih pada teknologi marketing yang lebih berdampak untuk bisnis kamu?. Jika di antara kalian ada yang sudah mulai menggunakan atau mencoba chat bot, bisa nih di share pengalamannya di kolom komentar dan share juga artikel ini,ya.

Doxadigital Creative & Digital Agency - Jakarta, Indonesia

Get in Touch

  • PT. Doxadigital Indonesia
  • : info@doxadigital.com
  • : 021-5324093/94
  • : Jalan Kebon Jeruk Raya No.9
  • Blok C4, Ruko Permata
  • Jakarta 11530, Indonesia
Hubungi Kami? Klik disini!
Klik Logo Untuk Kontak