Sebelum berbicara mengenai statistic situs anda, penting bahwa kita kembali dan berpikir tentang apa sebenarnya analisis digital itu. Ada puluhan definisi di luar sana, tapi Wikipedia memberikan satu definisi untuk Web Analytics yang saya sangat suka. Web Analytics adalah ilmu yang mempelajari perilaku online pengunjung situs dengan tujuan untuk membantu meningkatkan performanya. Dan bagian penting di sini, adalah “dengan tujuan untuk meningkatkan performanya”. Kita tidak hanya melihat analytics untuk melihat diagram lingkaran yang tertata rapi. Kita perlu menemukan wawasan(insight) yang memungkinkan kita untuk mengambil tindakan selanjutnya didasarkan pada laporan-laporan yang cantik tersebut.

Mari kita ini lihat melalui analogi umum. Perangkat lunak analitik adalah seperti mesin x-ray. Dalam hal ini, pasien adalah website Anda dan mesin x-ray adalah Google Analytics. Alat x-ray ini, akan mengidentifikasi dan menampilkan apa yang terjadi di bawah kulit dari situs Anda. X-ray akan mendeteksi dan menampilkan patah tulang sebagai contohnya. Namun, itu bukan berarti rasa sakitnya berakhir dan hasil x-ray tersebut pada akhirnya tidak memperbaiki masalah Anda. Untuk itu Anda akan membutuhkan seseorang yang benar-benar dapat membaca dan menafsirkan x-ray, dan melakukan analisis yang diperlukan untuk benar-benar mengambil tindakan untuk memperbaiki situasi.

Inilah sebabnya mengapa alat analisis yang mahal sekalipun tidak akan melakukannya untuk Anda. Anda masih membutuhkan orang-orang pintar untuk menggunakan alat analisis ini untuk mendapatkan perbaikan yang nyata. Dan seperti dokter yang baik, kita akan menilai seluruh situasi, kita akan melakukan prioritas untuk mengetahui daerah mana membutuhkan perhatian, seperti memprioritaskan tengkorak di atas jari. Setelah kita membahas yang tepat, mungkin dengan resep beberapa obat untuk mengatasi pembengkakan, kita pindah ke masalah berikutnya dan kami terus demikian, terus menganalisis, menyesuaikan, memperbaiki dan mengoptimalkan.

Web Analytics adalah suatu proses! Jika anda berpikir ini adalah metoda sekali set saja (set and forget), anda tidak memiliki tempat di sini. Pertama-tama kita melakukan pengukuran, kemudian kita menerapkan analisis dan kita belajar dari apa yang kita lihat. Dan kemudian kita mengambil tindakan. Situs terus berubah, strategi pemasaran berubah, alat-alat analisa situs pun terus berubah, dan perangkat di mana kita mengakses konten online, cepat mengalami perubahan dan terus berubah. Kita perlu memastikan proses Analytics tidak stagnan, melainkan berkembang dan terus beradaptasi dengan perubahan tersebut, untuk memastikan situs selalu dalam performa terbaik.

Doxadigital Creative & Digital Agency Jakarta, Indonesia


  • : info@doxadigital.com
  • : 021-5324093/94
  • : Jalan Kebon Jeruk Raya No.9 Blok C4, Ruko Permata
    Jakarta 11530, Indonesia

Pin It on Pinterest

Share This