Pengunjung situs tertarget adalah ‘nyawa’  bagi situs dan bisnis anda, terutama bila bisnis anda adalah bisnis online. Inilah 5 jalur yang bisa anda gunakan untuk mendatangkan pengunjung untuk situs anda.

SEO (Search Engine Optimization)

Hasil gambar untuk seo strategy

Optimasi mesin pencari untuk top 10 Google merupakan salah satu sumber pengunjung yang telah lama digunakan pebisnis online. Mengapa harus top 10 Google? Karena banyak studi mengatakan bahwa banyak orang di dunia modern sekarang ini akan melakukan browsing terlebih dahulu dalam mencari informasi dan sebelum mengambil keputusan untuk pembelian. Bayangkan bila bisnis anda adalah dibidang Trading Saham, lalu saat pengguna internet mencari di google kata ‘trading saham online’ , ‘investasi saham’, ‘pelatihan saham’ lalu menemukan situs anda dalam urutan teratas yang direkomendasikan oleh Google.. anda akan mendapatkan prospek yang potensial !

Sayangnya, strategi SEO ini sudah banyak dieksploitasi sehingga untuk mendapatkan situs anda dalam top 10 Google membutuhkan upaya yang tidak mudah. Google sendiri tidak pernah menerbitkan cara kerja algoritma mereka, sehingga para pemasar online biasanya melakukan pola ‘trial and error’ dan berbagi pengalaman antar sesama pelaku SEO untuk mendapatkan praktik terbaik. Namun, tantangan terbesar bagi pelaku SEO adalah terus berubahnya algoritma Google untuk memberikan hasil penelusuran terbaik (dan terutama untuk ‘memerangi’ pelaku SEO yang terlalu agresif)

Dalam pengalaman kami memberikan jasa seo, kami menemukan rentan waktu rata-rata 4 bulan sebelum strategi SEO terlihat efektifitasnya.

 

Paid Traffic (or Paid Advertising)

Hasil gambar untuk jasa ppc adwords

Tidak bisa dipungkiri bahwa ini adalah metoda tercepat untuk mendatangkan pengunjung tertarget pada situs anda. Sebagai salah satu Google Partner di Indonesia , kami memiliki tim khusus yang berfokus pada layanan Jasa Google Adwords. Dengan penggunaan Paid Advertising, bisnis anda akan dapat memulai mendapatkan pengunjung tertarget dalam kurun waktu kurang dari 1 jam saja.

Salah satu “kekurangan” dari metoda ini bagi sebagian bisnis skala UKM adalah karena metoda ini sangat bergantung pada Budget karena habisnya budget, berarti pengunjung situs akan mulai berkurang banyak. Namun, sebagai perhitungan bisnis, bila pengeluaran iklan sebanding dengan income yang dihasilkan tentunya program iklan yang berkelanjutan bukan jadi masalah bukan ?

Media untuk paid traffic tidak hanya Google Adwords. Masih terdapat media lain yang banyak dinikmati di Indonesia, diantaranya:

  • Facebook Ads, cocok untuk retail
  • Twitter Ads, cocok untuk retail
  • LinkedIn Ads, cocok untuk B2B dan lowongan kerja

 

Social Media and Forum

Ini adalah jenis kampanye yang membutuhkan keahlian berkomunikasi. Cocok untuk bisnis yang memiliki target pasar B2C (Business to Consumer). Tingkat keberhasilan kampanye adalah loyalitas (sebuah ‘asset’ digital yang sangat berharga). Namun untuk memulainya, memerlukan tindakan yang tidak mudah, anda harus bisa berkomunikasi, menjadi bagian, dan membangun komunitas yang sehat. Pada dasarnya Social Media bukanlah tempat berjualan melainkan lebih ke tempat untuk berbagi, oleh karenanya anda dituntut untuk lebih ‘cantik’ dalam melakukan posting. Selain itu, anda juga dituntut untuk lebih memiliki program untuk membangun loyal fans. Hal seperti membuat kontes, statement motivasi, mungkin menjadi bagian didalamnya

 

Email Marketing

Hasil gambar untuk email marketing

Merupakan salah satu media yang cukup murah dalam strategi pemasaran online. Selama tindakan anda tidak termasuk aktivitas spam. Pemasaran melalui email merupakan cara untuk mendapatkan loyalitas pelanggan. Melalui strategi yang benar, anda juga bisa membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan anda, seperti:

  • Memberikan tips yang berhubungan dengan kegiatan mereka
  • Memberikan selamat pada hari ulang tahun mereka (atau pada hari libur nasional)

 

Video Marketing

Hasil gambar untuk video marketing

Pemasaran melalui video mulai banyak dilakukan seiring dengan makin bagusnya infrastruktur Internet di Indonesia. Penyampaian pesan melalui video, adalah sebuah metoda tercepat karena merangsang visual dan indra pendengaran sekaligus. Dengan video, sebuah profil perusahaan mungkin dapat dipahami dalam waktu 1-2 menit. Pemasaran melalui video biasanya menggunakan media Youtube. Bagaimana cara pemasarannya ?

  • Dengan beriklan
  • Membuat tutorial praktis pada target market terentu

—————————————————–

Demikian 5 cara mendapatkan pengunjung tertarget bisa anda lakukan untuk mendukung pemasaran situs anda. Jika anda membutuhkan konsultasi untuk metode yang cocok bagi bisnis anda, silahkan hubungi kami di 021-5324093 atau email ke info@doxadigital.com

 

 

Doxadigital Creative & Digital Agency Jakarta, Indonesia


  • : info@doxadigital.com
  • : 021-5324093/94
  • : Jalan Kebon Jeruk Raya No.9 Blok C4, Ruko Permata
    Jakarta 11530, Indonesia

Pin It on Pinterest

Share This