Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar email marketing? Spam! Ya, memang pada kenyataannya sering kali email yang masuk ke inbox tergolong spam berisi sampah. Namun, jangan karena alasan tersebut Anda mundur pelan-pelan dari strategi pemasaran yang satu ini. Karena mungkin saja pemasaran melalui surat elektronik malah bisa menjadi senjata ampuh untuk mendongkrak bisnis Anda JIKA dikelola dengan baik.

Mari kita lihat 4 alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan email marketing dalam strategi pemasaran Anda.

Email masih berjaya

Di jaman sekarang ini hampir setiap orang mempunyai email, baik sebagai syarat untuk membuka akun media sosial, bertransaksi online, maupun untuk berkomunikasi. Tahukah Anda jika 3,2 milyar orang di seluruh dunia menggunakan email dan sebanyak 204.1 milyar email dikirim setiap harinya? Angka yang terbilang fantastis! Tentu Anda tidak ingin menyia-nyiakan peluang ini untuk memperluas jangkauan bisnis Anda.

Biaya rendah

Menurut Exact Target, setiap 1 dolar yang diinvestasikan untuk email marketing, rata-rata menghasilkan laba sebesar 44.25 dolar. Jika dibandingkan dengan mengiklankan bisnis Anda melalui iklan berbayar di internet atau media cetak dan elektronik lainnya, terlihat jelas bahwa mengirim email jauh lebih murah. Karena hanya dengan satu email saja, Anda sudah bisa langsung menyampaikan pesan ke ratusan bahkan ribuan calon pelanggan dan pelanggan Anda.

Tertarget dan personal

Melalui email marketing, Anda bisa dengan cepat dan mudah menjangkau target pasar “face-to-face”. Karena email dibuat dan dikirimkan ke kontak Anda dan bisa langsung memperoleh perhatian dari orang-orang yang ingin Anda targetkan secara personal. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus membangun hubungan yang lebih dekat dan dengan pelanggan dan calon pelanggan Anda sembari mempromosikan bisnis Anda.

Dapat diukur

Hebatnya pemasaran melalui email sekarang ini memungkinkan Anda untuk melacak respon terhadap setiap email yang dikirimkan. Dari situ Anda bisa mengetahui dimana kelemahan dan keunggulan dari kampanye yang Anda jalankan sehingga Anda dengan fleksibel dapat mengubah atau meningkatkan strategi pemasaran Anda.

Nah, bagaimana? Masih ragu untuk menggunakan email marketing dalam strategi bisnis Anda?

Doxadigital Creative & Digital Agency Jakarta, Indonesia


  • : info@doxadigital.com
  • : 021-5324093/94
  • : Jalan Kebon Jeruk Raya No.9 Blok C4, Ruko Permata
    Jakarta 11530, Indonesia

Pin It on Pinterest

Share This