Logo Doxadigital
30 Juni 2015 

Pengenalan Cohort Analysis di Google Analytics

Pengenalan Cohort Analysis di Google Analytics

Pernahkah Anda mendengar kata Cohort? Bagi Anda yang terbiasa berhubungan dengan statistika, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Pengertian Cohort adalah set/grup dari orang yang memiliki kriteria yang sama.

Jenis Studi Cohort

1. Cohort Prospektif
Studi ini akan berjalan sesuai rencana yang sudah ditentukan sebelumnya dan dilakukan dalam jangka waktu tertentu yang akan datang

2. Cohort Retrospektif
Berbeda dengan prospektif, Cohort Retrospektif merupakan studi yang dilakukan dengan mengidentifikasi dari data yang sudah ada untuk menentukan faktor resiko pada suatu kondisi tertentu.

Implementasi dan studi case Cohort

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas ada banyak case yang bisa dilakukan dengan cohort. Beberapa contoh case Cohort secara umum:

  • Orang yang hadir pada waktu tertentu
  • Peringkat kelulusan siswa
  • Studi tentang obat-obatan
  • Trial Software

Dalam Web Analytics biasanya akan digrupkan berdasarkan tanggal. Cohort Analysis dalam Google Analytics membantu Anda membandingkan grup tertentu dengan cara atau waktu yang diperoleh sehingga didapat perbandingan terhadap perilaku mereka.

Dalam video di bawah ini, kami menjelaskan apa itu Cohort Analysis dalam Web Analytics beserta sedikit pengenalan Cohort di dalam Google Analytics.

Dapatkan tips lainnya di Playlist - #DoxaTips di Youtube channel kami. Jangan lupa untuk subcribe agar Anda tidak ketinggalan update terbaru dari kami.

Jadi, bagaimana Anda akan memanfaatkan Cohort Analysis dalam Google Analytics untuk bisnis Anda? 

crossmenu