Menggunakan green screen memang memungkinkan kita untuk mengedit video sampai menghasilkan gambar yang luar biasa dan efek yang mengesankan. Tetapi, tentu saja tidak semudah itu di karenakan memotret di layar hijau bisa menjadi sangat rumit dan mempunyai tantangan tersendiri. Salah sedikit saja, penonton dapat mengetahui dan mengatakan bahwa rekaman yang mereka tonton di rekam di layar hijau dan terkesan palsu. Apalagi jika hasil pemotretan dengan kunci kroma yang buruk, sudah pasti memperbaikinya akan memakan waktu berjam – jam untuk menyempurnakan bentuk seni ini.

Oleh karena itulah, dibutuhkan beberapa hal yang harus dipelajari sebelum Anda mengatur dan mengambil video atau gambar pada studio layar hijau. Berikut ini adalah 5 kiat utama yang dapat Anda lakukan untuk menghemat waktu dan mencegah terjadinya beberapa masalah.

Pencahayaan Adalah Kunci

Ketika Anda menganggap bahwa kamera yang mahal dan software yang canggih adalah kuncinya, maka Anda salah. Karena pencahayaan yang tepat sangat penting dalam mencapai tampilan yang profesional. Penerangan harus dilakukan dengan sempurna agar latar belakang memiliki warna yang sama sehingga terciptalah satu warna jadi. Hal ini juga akan memudahkan proses editing, karena Anda tidak perlu banyak melakukan kunci kroma sehingga produk akhir akan keluar lebih cepat

Angle Kamera

Pastikan Anda mempunyai posisi dan sudut kamera yang terbaik, karena ketika bidikan Anda tidak mengambil seluruh set yang sudah dibuat, maka Anda dapat merusak keseluruhan pengambilan gambar. Lebih baik jika Anda meluangkan waktu untuk membuat storyboard bidikan Anda agar animasi kasar seperti tampilan dan adegan kasar yang ingin diambil sudah Anda.

Props and Sets

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah semakin banyak benda nyata yang Anda miliki maka semakin sedikit Anda harus berpura – pura dan membuatnya terlihat nyata nantinya. Jadi letakkan beberapa elemen praktis agar dapat memudahkan pengeditan Anda nanti.

Perhatikan Aksesoris  

Pastikan aktor anda tidak melakukan pergerakan diluar latar belakang hijau. Tantangan ini juga termasuk refleksi, yakni bayangan kacamata dan perhiasan. Pada dasarnya apapun yang berkilau dan memantul dapat menjadi tantangan. Jauh lebih untuk Anda meninggalkan itu semua sebelum berurusan dengan hal seperti itu di pasca produksi

Pilih Perangkat Lunak Yang Tepat

Gunakan beberapa software yang memang dapat digunakan untuk layar hijau, seperti Final Cut Pro, Adobe Illustrator, Adobe Premiere dan I-Movie. Karena tentunya anda tidak ingin menambahkan waktu tambahan untuk memperbaiki masalah pasca pengambilan gambar bukan?

 

Itulah 5 hal yang penting untuk Anda perhatikan apabila meng-set up green screen untuk proses editing video Anda. Jadi, mulai terapkan dan hasilkan video dengan efek yang mengesankan. Jangan lupa share tips ini supaya semakin banyak teman-teman Anda yang mengetahuinya.

Doxadigital Creative & Digital Agency - Jakarta, Indonesia

Get in Touch

  • PT. Doxadigital Indonesia
  • : info@doxadigital.com
  • : 021-5324093/94
  • : Jalan Kebon Jeruk Raya No.9
  • Blok C4, Ruko Permata
  • Jakarta 11530, Indonesia
Hubungi Kami? Klik disini!
Klik Logo Untuk Kontak