Gen Z merupakan anak-anak yang lahir setelah tahun 1995- sekarang. Generasi ini hidup di tengah perkembangan teknologi yang semakin maju dan sosial media yang digunakan sampai saat ini. Generasi Z ini merupakan konsumen yang berpotensial dalam memberi keputusan untuk membeli. Apa saja kebiasaan yang sering dilakukan oleh Gen Z pada sosial media?

  1. Pandai merahasiakan identitas
    Gen Z tumbuh dan berkembang di saat sosial media sedang berkembang maju. Maka, tidak heran jika hidup Gen Z tidak pernah lepas dari aktifitas pada sosial media. Namun, pada sosial media mereka tidak secara terang-terangan menunjukkan identitas sebenarnya. Mereka akan menggunakan nama samara untuk profil sosial media. Hal ini dilakukan oleh Gen Z supaya segala aktifitas yang mereka lakukan di sosial media tidak mudah ditelusuri oleh orang tua.
  2. Mudah Bosan
    Mudah bosan adalah salah satu ciri yang paling terlihat pada Gen Z di sosial media. Semisalnya saat mereka membuka youtube lalu muncul iklan yang hanya berdurasi 15-60 detik mereka akan segera mengskipnya, kecuali jika hal itu menarik perhatian. Mereka hanya mampu bertahan selama 8 detik. Maka, apabila target audience sebuah produk menyasar pada Gen Z konsep yang di buat harus bisa menyesuaikan dengan yang mereka inginkan, supaya bisa menarik perhatian para Gen Z. tidak hanya bosan dengan terpaan iklan yang mereka terima, tetapi juga mudah bosan dengan sebuah produk yang mereka miliki, misalnya dalam hal gadget. Maka dari itu, banyak produsen gadget yang menyasar Gen Z sebagai konsumen yang berpotensial untuk produknya.
  3. Tidak mudah terpengaruh dengan iklan
    Gen Z cenderung tidak terlalu mempercayai adanya sebuah iklan. Hanya sekitar kurang dari 25% dari Gen Z yang masih bisa menerima informasi atau sebuah pesan pada iklan. Selebihnya mereka justru lebih terpengaruh dengan youtuber atau selebgram favorit mereka pada Instagram. Maka dari itu, kini banyak para pemilik bisnis yang mengajak youtuber atau selebgram untuk mempromosikan produk.

Beberapa hal di atas adalah kebiasaan para Gen Z di sosial media. Jika Anda memiliki sebuah produk yang menyasar target konsumennya adalah Gen Z pastikan Anda membaca artikel ini dan jangan lupa untuk share supaya semakin banyak yang tau.

Doxadigital Creative & Digital Agency - Jakarta, Indonesia

Get in Touch

  • PT. Doxadigital Indonesia
  • : info@doxadigital.com
  • : 021-5324093/94
  • : Jalan Kebon Jeruk Raya No.9
  • Blok C4, Ruko Permata
  • Jakarta 11530, Indonesia
Hubungi Kami? Klik disini!
Klik Logo Untuk Kontak