Logo Doxadigital
11 Oktober 2022 

Artikel Blog untuk Meningkatkan Trafik dan Pendapatan Bisnis Anda

Artikel Blog untuk Meningkatkan Trafik dan Pendapatan Bisnis Anda

Blog atau website saat ini masih menjadi salah satu media yang banyak digunakan pengguna di dunia, termasuk di Indonesia untuk suatu mencari informasi yang dibutuhkan. Sehingga sebuah website dapat dimanfaatkan oleh pebisnis seperti Anda untuk mendapatkan kesempatan menjaring banyak konsumen.

Baca juga: Pentingkah SEO? Ini Manfaat SEO Untuk Bisnis dan UMKM

Apa Itu Artikel Blog?

Artikel Blog merupakan tulisan yang berisikan informasi fakta, opini, maupun berita yang terdapat pada sebuah website. Artikel pada Blog tidak hanya memuat informasi tulisan namun dapat dipadukan dengan Gambar maupun Video yang relevan. 

Benefit Membuat Artikel Blog Pada Bisnis

HubSpot merangkum beberapa fakta mengenai benefit blog yang dapat berpengaruh pada bisnis. Berikut fakta yang perlu Anda ketahui:

  • 80% pengguna internet berinteraksi pada social media dan blogs.
  • 59% marketers berpendapat bahwa blog sangat berharga.
  • Blog dapat meningkatkan 434% halaman yang terindeks dan 97% meningkatkan link yang terindeks.
  • Perusahaan yang memiliki Blog rata-rata menghasilkan 67% leads bulanan lebih banyak dari perusahaan yang tidak memiliki blog.
  • Blog merupakan urutan ke-3 sebagai Konten Marketing Strategy terpenting setelah video dan eBooks
  • Bisnis dengan blog mendapatkan 55% lebih banyak pengunjung.
Konsultasi SEO

Cara Menulis Artikel di Blog

Memiliki blog untuk bisnis, Anda tidak hanya sekedar membuat blog yang menarik tetapi juga harus memperhatikan niche blog Anda. Sehingga dalam mengembangkan blog, Anda harus membuat kumpulan artikel yang yang sesuai dengan bisnis Anda. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan artikel yang berkualitas dan dapat menjawab kebutuhan pembaca:

Mengetahui Bisnis Goal dan Objektif

Membuat artikel tidak hanya sebuah usaha untuk dapat eksis di dunia digital, tetapi bagaimana suatu artikel pada blog dapat menghasilkan konversi yang diinginkan. Sebagai media pemasaran digital, sebuah website memiliki peranan yang penting dalam mencapai bisnis goal. Sehingga dengan mengetahui bisnis goal, Anda dapat menentukan objektif yang harus dicapai pada artikel yang akan dibuat. Melalui objektif sebuah artikel dapat diukur keberhasilannya melalui KPI (Key Performance Indicator).

Mengetahui Target Audience untuk Artikel Blog

Taget Audience dalam membuat artikel blog
Taget Audience

Audience adalah orang yang membaca konten tulisan pada artikel blog Anda dan setiap bisnis memiliki target pasar yang berbeda-beda sehingga dengan mengetahui target audience, pengunjung yang datang dapat sesuai dengan target pasar dan marketing journey akan menjadi lebih efektif.

Anda perlu mengetahui:

  • Siapa audience?
  • Demografi seperti apa?
  • Apa interestnya?
  • Bagaimana habitnya?
  • Apa yang audience butuhkan?
  • dll.

Untuk dapat membuat informasi mengenai target audience, Anda dapat menggunakan tampelate User Persona Canva yang banyak bisa Anda temukan pada pencarian Google. Anda dapat menggunakan informasi yang terdapat pada Google Analytic yang sudah terkoneksi dengan website bisnis Anda.

Melakukan Riset Keyword

Dalam membuat tulisan artikel pada blog, Anda harus memperhatikan volume dan kompetisi dari suatu keyword yang relevan agar dapat meningkatkan meningkatkan kemungkinan visibilitas dan klik yang dapat memberikan hasil pada bisnis Anda.

Tips dari kami, Anda lebih baik mencoba memilih menargetkan topik keyword dibandingkan dengan langsung menargetkan satu buah keyword tertentu pada sebuah artikel blog. Dengan memilih topik keyword, Anda mendapatkan bayak kemungkinan keyword dibandingkan hanya sekedar menargetkan satu buah keyword tertentu. Dari topik keyword, Anda bisa menambahkan topik turunan dan keyword relevan lainnya. Semakin banyak keyword yang relevan dengan bisnis, semakin besar juga kemungkinan visibilitas dan trafik pada website bisnis. Namun, Anda perlu memperhatikan Konten Pilar agar tidak terjadinya cannibalization.

Riset Intent Keyword & Konten Kompetitor

Anda juga perlu mencari tahu apa intent dari keyword yang dituju. Intent merupakan hasil learning meachine Google dalam memahami maksud pencarian kata kunci (keyword) dari banyak pengguna. Sehingga saat akan menulis blog, Anda harus memperhatikan hasil pencarian Google sedang membicarakan hal apa atau konten yang sepert apa.

Menyusun Keyword Menjadi Sebuah Artikel

Susunlah keyword dan sesuaikan intent yang sudah ada utnuk menjadi artikel blog yang mudah dipahami oleh pembaca dan mesin pencarian sesuai dengan kaidah Optimasi SEO. Gunakan kalimat pada Judul yang dapat menarik pembaca untuk membaca artikel dan gunakan juga Call to Action (CTA) untuk mengajak pengunjung blog melakukan aktifitas tertentu termasuk konversi.

Berikut merupakan beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam membuat sebuah artikel:

  • Membuat konten artikel yang evergreen
  • Fokus pada manfaatnya
  • Skenario “Bayangkan hidup tanpa produk atau layanan Anda”
  • Bicaralah dengan empati, atasi masalah audiens
  • Buka dengan pertanyaan
  • Sertakan angka
  • Gunakan kalimat aktif hindari kalimat pasif
  • Jadilah pribadi, gunakan "Anda" dan "milik Anda"
  • Gunakan testimonial
  • Bangun rasa urgensi
  • Akhiri dengan CTA (ajakan bertindak) yang kuat

Tidak hanya untuk menulis konten yang menarik dengan judul yang menarik, konten situs website (artikel, posting blog, dll) juga harus cukup kuat untuk membuat pembaca bertahan di situs online website Anda untuk waktu yang lebih lama.

Oleh karena itu, tautan yang diarahkan ke tag artikel lain untuk mengungkapkan artikel terkait, dan CTA untuk membaca lebih lanjut sangat penting.

Membangun Link

Selain mengarahkan artikel anda ke halaman produk atau layanan, Anda juga dapat bekerjasama dengan penulis artikel dengan tema blog yang serupa dengan bisnis Anda untuk mendapatkan internal link dari halaman luar website bisnis Anda.

Selain itu Anda juga dapat melakukan kolaborasi dengan channel marketing lain seperti media social marketing, email marketing, push notification dari aplikasi bisnis, dan lainnya untuk mengarahkan pembaca lebih banyak pembaca untuk baca artikel.

Konsultasi SEO Gratis

Kesimpulan

Jika Anda memiliki sebuah website bisnis yang sudah memiliki banyak fitur dan sistem pembayaran yang canggih sangat disayangkan bila trafik pengunjung organik Anda tidak banyak. Menambahkan menu blog yang berisi kumpulan artikel yang relevan pada bisnis dapat meningkatkan trafik yang lebih banyak secara organik dan tidak terbatas waktu.

Mengkolaborasikan sebuah website bisnis dengan membuat artikel, optimasi SEO akan membantu visibilitas peringkat blog di mesin pencarian yang dapat mengarahkan lebih banyak pengunjung ke blog organik dan menghasilkan konversi pada produk atau layanan yang Anda miliki.

Doxadigital menyediakan layanan Jasa SEO Profesional yang dapat membantu anda dalam melakukan optimasi SEO dan pembuatan artikel yang disesuaikan dengan bisnis dan market audince Anda. Konsultasikan Kebutuhan Bisnis Anda Sekarang Juga. GRATIS!

Please follow and like us:
crossmenu