Anda telah melakukan Riset Kata Kunci yang sesuai dengan bisnis anda dan menemukan bahwa tidak ada iklan adwords yang ditampilkan atas kata kunci tersebut… “Jackpot !” itu yang dipikiran anda karena akan segera beriklan dengan biaya murah… namun pada kenyataannya Google Adwords memberikan bid yang tinggi untuk kata kunci tersebut dan kadang membuat iklan anda malah tidak ditampilkan !

Ini adalah skenario yang sering terjadi saat kami melakukan layanan google adwords bagi klien kami. Kata kunci yang telah kami kumpulkan dan dideteksi tidak ada pesaing yang iklan ternyata tidak disertai dengan biaya kata kunci yang murah. Setelah berbincang dengan rekan sesama Google Partners Asia Pasific, kami menyimpulkan beberapa hal yang menyebabkan ini terjadi:

Hasil gambar untuk google adwords

Kata Kunci Telah dipakai sebelumnya

Google (beserta Keyword Planner-nya) melakukan estimasi biaya kata kunci melalui pengumpulan data sebelumnya. Mungkin saja kata tersebut pernah di ‘bid’ sebelumnya. Sehingga menjadikan kata kunci tersebut dianggap oleh algoritma Google Adwords tidak benar-benar baru. Dalam pengalaman kami, kata berbahasa inggris cenderung memiliki harga tinggi walau tidak ada pengiklan lain. Hal ini bisa saja disebabkan oleh pengiklan yang ‘asal’ target sehingga untuk lokasi target kita (mis: Indonesia) ikut terkena dampaknya

Ini masalah teknis !

Bisa saja bahwa ada kondisi teknis yang membuat iklan anda tidak ditampilkan, walaupun tidak ada pengiklan lain yang sedang beriklan untuk kata kunci yang anda targetkan.

Mari kita cek beberapa hal berikut:

  • 1. Berapa skor kualitas (quality score) untuk keyword yang anda targetkan ?
  • 2. Apakah ada cukup pencari untuk kata kunci tersebut ? Bagaimana relevansi kata tersebut dengan iklan anda ?
  • 3. CTR (Click through rate/rasio klik tayang), mungkin iklan anda beberapa kali tampil namun kemudian tidak ada yang memberikan klik ?

Jika memang ada hal teknis yang bermasalah, mungkin anda bisa fokuskan untuk memperbaikinya

Memang sebagai Google Partner, tidak semua hal terungkap bila menyangkut masalah Algoritma dari Google. Walau ini adalah studi kasus nyata dari keseharian kami mengoptimasi adwords, kami tidak beranggapan bahwa Google melakukan hal ini secara manual atas kemauan beberapa individu. Sistim bidding adwords telah mendatangkan manfaat bagi jutaan bisnis secara global dan tentunya ini adalah hal yang dapat membuat anda tetap dapat mengandalkan Google Adwords !

——————————————————————————————

Membutuhkan layanan adwords untuk bisnis anda ? hubungi 021-5324093. Kami memberikan layanan konsultasi dan program adwords terbaik untuk bisnis anda. Dengan model kerja sama yang transparan, kami percaya tim kami mampu memberikan pengalaman adwords yang positif bagi brand anda.

Doxadigital Creative & Digital Agency Jakarta, Indonesia


  • : info@doxadigital.com
  • : 021-5324093/94
  • : Jalan Kebon Jeruk Raya No.9 Blok C4, Ruko Permata
    Jakarta 11530, Indonesia

Pin It on Pinterest

Share This