Fraud Blocker
Logo Doxadigital
12 Desember 2022 

Website Marketing: Definisi, Ciri Ciri, dan Manfaatnya untuk Bisnis

Website Marketing: Definisi, Ciri Ciri, dan Manfaatnya untuk Bisnis

Seiring perkembangan zaman, para pebisnis saat ini dituntut untuk memanfaatkan teknologi dengan baik untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan usaha. Salah satu yang bisa anda terapkan yaitu dengan memiliki website marketing. Karena bisnis anda bisa ditemukan oleh hampir semua pengguna internet ketika menggunakan website. Lebih lanjut, simak ulasan selengkapnya berikut.

Mengenal Apa Itu Website Marketing

Website adalah hal penting dalam digital marketing. Website ini menjadi media untuk mempromosikan suatu produk atau layanan bisnis anda. Tujuannya tidak lain untuk mengkonversi pengunjung situs web menjadi pelanggan. Jadi website akan menitik beratkan pada peningkatan jumlah pengunjung.

Maka dari itu, diperlukan website yang informatif, intuitif, dan menarik dalam pembuatannya. Sehingga website pun dapat menarik banyak pengunjung dan isinya dapat dengan mudah dimengerti. Dalam proses mempromosikan bisnis, website digital marketing disebut sebagai metode yang efektif.

Halaman situs yang berhasil berada di peringkat atas pada mesin pencari, umumnya memperoleh lebih dari 50% trafik untuk penggunaan kata kunci tertentu. Dan website marketing yang berada di laman posisi kedua dan ketiga menunjukkan penurunan, begitu seterusnya.

Sehingga strategi website marketing diperlukan upaya pengoptimalan SEO, engagement media sosial, pemasaran konten, dan upaya digital lainnya dalam hal ini.

Baca Juga: Pentingkah SEO? Ini Manfaat SEO Untuk Bisnis dan UMKM

Ciri – Ciri Website Marketing

1. Menginformasikan Secara Detail Mengenai Produk / Jasa

Pada website yang tujuannya untuk pemasaran, maka produk maupun jasa yang ditawarkan oleh bisnis akan terpampang secara jelas. Jadi ketika ada audiens yang berkunjung ke website, maka mereka pun bisa langsung mengetahui apakah laman web yang dikunjungi menawarkan solusi atas hal yang dibutuhkan atau tidak.

Dimana website akan menginformasikan secara detail mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Mulai dari spesifikasi produk, keunggulan layanan, bahkan terkadang ada yang langsung menampilkan harga. Tujuannya agar pengunjung bisa langsung mengetahui solusi atas permasalahan mereka.

2. Terdapat Halaman untuk Penjualan / Konsultasi

Website pemasaran umumnya menyediakan halaman penjualan atau konsultasi bagi pengunjung web mereka. Dengan begitu, calon customer bisa langsung melakukan transaksi apabila terdapat produk atau layanan yang diinginkan. Tidak jarang keunggulan produk akan diulas pada halaman penjualan tersebut.

Biasanya juga disematkan fitur konsultasi bagian pojok halaman. Bahkan ada yang membuatnya dalam bentuk popup, supaya calon konsumen bisa langsung terhubung kepada customer service jika ada yang ditanyakan. Meski terkadang yang menjawab adalah bot, namun itu seringkali membantu para pengunjung website.

3. Memiliki Halaman Tentang Perusahaan

Tidak hanya menjelaskan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan, website marketing juga memiliki halaman khusus tentang perusahaan. Dan suatu website pemasaran penting untuk menampilkan elemen tersebut. Kenapa ? Layaknya kata pepatah ‘Tak kenal maka tak sayang’, seperti itulah hubungan antara penjual dan pembeli.

Tanpa adanya informasi yang jelas mengenai perusahaan, maka konsumen seolah meraba raba produk atau jasa yang akan mereka gunakan. Namun berbeda jika website bisnis menampilkan halaman khusus yang berisikan informasi perusahaan. Ini akan menambah tingkat kepercayaan konsumen sekaligus dapat menciptakan brand identity dari perusahaan.

4. Menerapkan SEO

Ciri website pemasaran berikutnya yaitu menerapkan strategi SEO. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa website yang mendapat peringkat atas di mesin pencari akan mendapat trafik lebih besar. Dan teknik SEO dapat membantu website untuk mendapatkan peringkat yang baik tersebut.

SEO sendiri merupakan proses meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Dan ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam penerapan teknik SEO. Yang pertama technical SEO, memastikan website bebas dari kesalahan yang bisa menghalangi mesin pencari untuk mengindeks situs.

Kemudian on page SEO yang membuat konten artikel anda mudah dibaca dan di crawl oleh search engine serta halaman web harus ramah SEO, hingga off page SEO yang mempromosikan website untuk memperoleh link dari situs web lain. Tentu anda perlu mengoptimalkan konten dan menambahkan schema markup guna memaksimalkan website untuk SEO modern.

5. Desain Website Ramah Pengunjung

Karena tujuan dari website marketing adalah mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan bisnis, maka halaman situs akan didesain dengan karakter yang ramah pengunjung. Aspek ini menjadi faktor yang dapat mempengaruhi ketertarikan pengguna untuk membuka website anda dan betah berlama lama di sana.

Sebaliknya, desain website yang tidak ramah pengunjung akan membuat mereka dengan segera pergi dari halaman tepat setelah beberapa menit membukanya. Itulah kenapa beberapa bisnis bahkan membuat halaman web mereka fleksibel agar dapat diakses melalui berbagai perangkat. Tujuan tidak lain adalah untuk membuat para pengunjung supaya lebih nyaman.

Baca Juga: Artikel Blog untuk Meningkatkan Trafik dan Pendapatan Bisnis Anda

Manfaat Menjalankan Website Marketing

1. Menghemat Pengeluaran

Tahukah anda bahwa manfaat website marketing ternyata dapat menghemat pengeluaran bisnis ? Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya marketing memang menjadi salah satu yang dapat sangat membengkak pada penganggaran perusahaan. Namun tidak perlu khawatir, para ahli pun menyebutkan bahwa biaya digital marketing jauh lebih efektif ketimbang traditional marketing.

Khususnya ketika anda memiliki website pemasaran. Sebab melalui website anda dapat melakukan banyak jenis digital marketing secara terpusat. Seperti mendapat leads dengan membagikan ebook, meningkatkan traffic melalui blog yang sudah dioptimasi menggunakan teknik SEO, hingga mendatangkan pelanggan ke website menggunakan PPC (pay per click).

2. Menjangkau Audiens Lebih Luas

Website marketing tidak hanya bermanfaat untuk menghemat pengeluaran perusahaan saja, tapi juga mampu menjangkau audiens lebih luas. Hal ini bisa terjadi karena hampir semua orang sekarang telah terhubung ke internet. Bahkan internet tidak hanya dapat ditemukan di kota kota besar, melainkan mulai masuk pula ke pelosok pelosok negeri.

Sehingga tanpa harus datang secara langsung ke daerah tertentu, anda masih bisa menjangkau pasar di daerah tersebut melalui website. Selama audiens terhubung ke internet dan dapat menemukan website anda, maka anda pun dapat menawarkan produk atau layanan bisnis.

3. Mudah Ditemukan Pengguna Baru

Satu lagi manfaat yang akan diberikan oleh website pemasaran yaitu memudahkan bisnis ditemukan pengguna baru. Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, website anda dapat menjangkau audiens lebih luas yang terhubung ke internet. Tentunya bukan tidak mungkin jika anda berhasil mendapat banyak pengguna baru.

Terlebih jika bisnis sudah memiliki website marketing yang teroptimasi SEO. Ketika audiens mencari kata kunci yang relevan dengan bisnis anda di mesin pencari. Maka Google nantinya akan merekomendasikan website anda di halaman atas mesin pencarian. Secara naluriah, umumnya audiens akan mengklik website yang berada di paling atas. Baru dilanjutkan dengan website kedua ketiga.

Dan ketika sudah menemukan apa yang dicari, kemungkinan besar mereka tidak akan membuka halaman halaman selanjutnya di mesin pencari. Apabila bisnis anda memang menyediakan solusi atas kebutuhan pengunjung website, maka anda dapat meningkatkan penjualan.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa website marketing menjadi salah satu hal yang penting bagi bisnis, sehingga anda perlu memaksimalkan proses marketing. Karena memaksimalkan website bukan hal yang mudah, anda bisa menggunakan jasa digital marketing agency Doxadigital. Doxadigital menyediakan sales yang dapat melayani selama 24 jam. Sehingga optimasi akan terus dilakukan untuk menghasilkan goals yang diinginkan.

Menariknya, ini bukan website application seperti Google Slide, Figma, atau lainnya. Yang mana website akan terus menghasilkan continuous improvement. Karena tidak semua website developer mampu melakukan hal tersebut, maka Doxadigital yang mengimplementasikan pengetahuan digital marketing di dalamnya adalah pilihan ideal.

Please follow and like us:

Artikel Terbaru

10 Januari 2023
Apa Itu Motion Graphic, Jenis, Serta Animasi yang Cocok untuk Bisnis Read More
19 Desember 2022
Mengulik Potensi Strategi Email Marketing Dalam Bisnis dan Tools Terbaiknya Read More
15 Desember 2022
Content Marketing: Pengertian, Contoh dan Manfaat untuk Pemasaran Bisnis Read More
14 Desember 2022
Yuk Simak Cara Mengukur Efektivitas Influencer dalam Campaign Marketing Read More
13 Desember 2022
Digital Marketing B2B VS B2C, Kenali Pengertian dan Perbedaannya di Sini! Read More
12 Desember 2022
Website Marketing: Definisi, Ciri Ciri, dan Manfaatnya untuk Bisnis Read More
12 Desember 2022
6 Strategi Digital Marketing B2B Paling Efektif untuk Membangun Bisnis Read More
8 Desember 2022
Mengenal Apa itu Facebook CPAS dan Manfaatnya Untuk Bisnis Read More
18 Oktober 2022
6 Cara Meningkatkan Penjualan dengan Facebook Ads Read More
18 Oktober 2022
Perbedaan KOL dan Influencer beserta Manfaatnya untuk Bisnis Read More
18 Oktober 2022
Ingin Bangun Bisnis Ekspor? Ini 6 Cara Manfaatkan International SEO untuk Bisnis Anda Read More
11 Oktober 2022
Artikel Blog untuk Meningkatkan Trafik dan Pendapatan Bisnis Anda Read More
6 Oktober 2022
Simak 7 Keuntungan Beriklan di Facebook Ads bagi Bisnis Anda Read More
24 Januari 2023
Waspada Penipuan Online Berkedok Doxadigital Read More
16 Januari 2023
Apa Itu CRM? Pahami Fungsi untuk Perusahaan dan Fiturnya Read More
11 Januari 2023
Iklan di TikTok Ads untuk Pertumbuhan Bisnis Anda Read More
crossmenu