Halaman landas (landing page) merupakan salah satu kunci sukses kampanye Adwords anda. Landing page yang buruk tidak hanya membuat pengunjung situs anda pergi, namun juga membuat biaya iklan anda lebih mahal karena skor kualitas (Quality Score) yang rendah. Berikut adalah landing page checklist yang perlu anda lakukan untuk mengoptimalkan kata kunci untuk hasil yang maksimal.

Tips 1 – Buatlah relevan
Kesalahan halaman landas adalah menggunakan homepage. Bila iklan dan halaman homepage anda tidak relevan, tentu ini menjadi kesalahan fatal. Cara optimasi awalnya mudah, pastikan kata kunci yang anda gunakan pada iklan terdapat juga pada halaman landas anda.

Tips 2 – Tawarkan keuntungan (benefit), bukan fitur
Berpikirlah untuk menaruh lebih banyak kegunaan dari pada spesifikasi. Contoh jika anda menjual shampo, jangan mengatakan kandungan di dalamnya seperti “mengandung zinc”, tapi berikan manfaatnya “rambut sehat, hitam berkilau”. Temukan sudut pandang tepat bagi pengunjung, gunakan bahasa yang pas dan jangan terlalu formal.

Tips 3 – Menulislah untuk manusia, bukan Google
Kesalahan yang fatal yang sering kami temukan adalah banyaknya pemasar yang mengejar skor kualitas terbaik maupun SEO, sehingga menuliskan isi situs yang tidak enak dibaca. Contoh saat kami membuat halaman landas untuk jasa Adwords kami, mana yang menurut anda lebih baik?

“Doxadigital adalah jasa adwords terbaik yang merupakan Google Partner untuk jasa adwords di Jakarta” – Ah, okay kalimat tersebut mengandung +jasa +adwords +google +partner +terbaik dan +jakarta, namun ini agak menggelikan bukan?

Coba bandingkan dengan ini:
“Doxadigital adalah salah satu Google Partner di Jakarta yang menawarkan jasa adwords untuk memberikan hasil terbaik dan terukur sesuai budget anda.”

Tips 4 – Jangan lupa Call-To-Action (CTA)
Beberapa orang berusaha tidak terlihat jualan, namun kalimat seperti “daftar sekarang” , “beli sekarang juga” ,”klik di sini untuk bergabung” adalah kalimat yang terbukti memberikan hasil lebih baik. Lagipula sebagian kita memang beriklan untuk berjualan bukan? Anda bisa menggunakan latar belakang warna atau tombol untuk membuat CTA menjadi lebih kontras. Kami juga sarankan penempatan CTA ada pada bagian ‘above the fold’ (yaitu bagian teratas situs anda saat anda belum melakukan scrolling).

Tips 5 – Gunakan bullet point
Jangan menulis kalimat yang terlalu panjang, gunakan bullet point untuk menampilkan poin-poin penawaran anda.

Tips 6 – Kontak
Tempatkan nomor kontak yang dapat dilihat. Pastikan pengunjung tahu bahwa situs dan penawaran diberikan dari perusahaan yang kredensial dan mudah dihubungi.

Tips 7- Gunakan metatag dan title
Ini hal teknis namun penting. Gunakan title tag dan meta description yang mengandung kata kunci anda. Ini akan meningkatkan skor kualitas anda.

Tips 8 – Be comply
Tetaplah dalam aturan Adwords; gunakan menu, jangan pakai pop-up, tambah disclaimer dari testimonial. Anda tidak ingin kerja keras anda terhadang karena proses administrasi bukan. Untuk lebih jelasnya bisa klik di sini.

Tips 9 – Desain responsif
Test halaman situs pada platform desktop, tablet, dan smartphone. Usahakan halaman ini tampil baik pada seluruh alat. Karena saat ini pengguna desktop dan mobile mulai berimbang, anda tidak pernah tahu pelanggan potensial anda menggunakan alat yang mana.

Tips 10 – Tes ukur terus menerus
Tidak ada rumus sukses di dunia internet marketing dengan konsep pasang dan tinggalkan (set and forget). Semuanya butuh peningkatan. Gunakan alat bantu pelacakan seperti Google Analytics untuk melihat perilaku pengunjung dalam situs anda. Perbaiki situs anda dari waktu ke waktu, buat lebih cepat, buat lebih menjual.

——————————————-

Tertarik dengan layanan optimasi Adwords kami, hubungi 021-5324093 atau lihat informasinya di halaman jasa iklan google ads . Tim kami akan segera membantu anda.

Doxadigital Creative & Digital Agency Jakarta, Indonesia


  • : info@doxadigital.com
  • : 021-5324093/94
  • : Jalan Kebon Jeruk Raya No.9 Blok C4, Ruko Permata
    Jakarta 11530, Indonesia

Pin It on Pinterest

Share This