Logo Doxadigital
13 Oktober 2022 

Jenis-Jenis Video Marketing Beserta Manfaatnya

Jenis-Jenis Video Marketing Beserta Manfaatnya

Ada beberapa jenis video marketing yang wajib diketahui oleh setiap pelaku usaha.

Sebab, beberapa jenis dari strategi video marketing ini akan memiliki keunggulan dan karakteristik yang berbeda-beda.

Jadi, sebelum kamu menggunakan salah satu video marketing ini, kamu perlu mengetahui perbedaannya terlebih dahulu.

A. Apa Itu Video Marketing?

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang macam-macam video marketing, kami akan membahas tentang pengertiannya terlebih dahulu. Pada dasarnya, video marketing adalah salah satu jenis strategi marketing yang dapat dilakukan dengan menggunakan media video.

Jenis strategi pemasaran video yang satu ini akan sangat sesuai dengan perkembangan digital yang semakin canggih seperti sekarang ini.

Umumnya, video marketing untuk bisnis akan dibuat dengan konsep yang lebih konsisten, sehingga hasilnya pun bisa lebih menarik perhatian banyak audiens.

Video ini nantinya bisa menampilkan gambar maupun suara yang berkaitan dengan produk ataupun layanan yang sedang ditawarkan. Dengan begitu, audiens bisa lebih mudah mengenal produk ataupun layanan tersebut.

Baca Juga: 7 Tren Digital Marketing 2022, Tingkatkan Awareness Bisnis Anda

B. Manfaat Video Marketing

Setelah memahami tentang apa yang dimaksud dengan video marketing, sekarang pahami juga tentang apa saja kelebihan video marketing atau manfaat yang dimiliki strategi marketing online satu ini. Berikut adalah 4 manfaat dari video marketing:

1. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Sudah ada banyak orang yang percaya bahwa video marketing mampu memberikan gambaran secara lebih detail mengenai produk maupun layanan dari suatu perusahaan tertentu.

Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa video marketing mampu membangun kepercayaan yang lebih tinggi terhadap para pelanggan.

2. Jangkauan yang Lebih Luas

Jika dibandingkan dengan jenis media marketing yang lainnya, pemasaran video adalah yang paling menjanjikan. Sebab, orang-orang akan lebih tertarik ketika penjelasan diberikan dalam bentuk video.

Kendati demikian, pelaku usaha harus membuat video pemasaran yang profesional. Dengan begitu, keefektifan dari video tersebut bisa lebih berjangka panjang.

3. Sesuai dengan Teknik SEO

Masih ada beberapa orang yang belum tahu bahwa sebenarnya video termasuk alat yang paling mudah meningkatkan SEO dalam suatu website tertentu.

Mengapa bisa begitu? Karena video akan lebih mudah diketahui oleh banyak orang, sehingga hal ini dapat membuatnya lebih cenderung muncul di halaman pertama SERPs.

4. Lebih Mudah Mempengaruhi Audiens

Mengapa video marketing dikatakan lebih mudah mempengaruhi pendapat audiens? Sebab, otak manusia didesain secara lebih emosional ketika mereka melihat penggambaran secara visual dan bukan teks saja.

Maka dari itu, akan menjadi hal yang wajar jika semakin ada banyak perusahaan yang memanfaatkan strategi marketing ini dengan sebaik mungkin.

C. Jenis Video Marketing

Sesuai dengan apa yang sudah kami katakan di awal artikel, pada dasarnya video marketing dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Video Branding

Tujuan utama dari pembuatan video branding adalah untuk membantu para audiens dalam memahami keunggulan dari suatu produk maupun layanan tertentu, apakah sesuai dengan kebutuhannya atau tidak.

Biasanya, video dari brand akan memuat pesan yang menunjukkan keunggulan produk dalam mengatasi kesulitan dari banyak orang.

2. Video Tutorial

Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, untuk video tutorial sendiri akan menampilkan informasi tentang cara kerja suatu produk atau layanan tertentu.

Nantinya, pelaku usaha juga dapat menyisipkan beberapa nilai produk atau layanannya ke dalam video tersebut.

3. Video Demo

Bagi para pelaku usaha yang ingin menekankan nilai lebih dari produk atau layanannya, video demo bisa menjadi solusi terbaik untuk mereka. Sebab, video demo mampu menunjukkan cara kerja dari suatu produk maupun layanan secara efektif dan lebih baik.

Dengan begitu, hal ini dapat membuat brand kalian terlihat lebih unggul dibanding kompetitor bisnis lainnya.

4. Video Animasi

Konten video animasi merupakan cara promosi yang halus, agar audiens tidak merasa terganggu dengan konten promosi atau pemasaran yang sedang diperlihatkan tersebut.

Biasanya, video animasi akan dikemas dengan cara yang lebih unik, sehingga video ini bisa lebih mudah membuat audiens tertarik untuk melihat konten video.

5. Wawancara dengan Ahli

Untuk meyakinkan para audiens secara lebih baik lagi, perusahaan dapat membuat video wawancara dengan ahli yang membahas tentang produk atau layanan yang sedang mereka tawarkan.

Dengan menonton video marketing tersebut, kepercayaan para audiens bisa semakin meningkat.

6. Video Edukasi

Sesuai dengan namanya, video penjelasan edukasi dapat memberikan informasi maupun pengetahuan yang lebih luas kepada para pelanggan.

Sebab, tujuan dari video edukasi itu sendiri adalah untuk membangun wawasan yang lebih luas terhadap produk maupun layanan dari suatu perusahaan tertentu.

7. Video Live

Video live adalah jenis video yang dibagikan secara real-time kepada para audiens. Biasanya, beberapa perusahaan akan menggunakan jenis video ini untuk mengumumkan suatu informasi yang berkaitan dengan bisnisnya.

8. Video Event

Berbeda dengan jenis-jenis yang sebelumnya, video event akan lebih menampilkan kegiatan yang sedang diselenggarakan oleh suatu bisnis tertentu seperti webinar, kegiatan sosial, diskusi produk, dan lain sebagainya.

D. Kesimpulan

Seperti yang sudah kalian lihat pada penjelasan di atas, jenis-jenis video marketing akan memiliki keunggulan dan perannya masing-masing.

Sehingga, para pelaku usaha harus menggunakan video marketing sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan dan dengan ini dapat mencapai tujuan yang relevan.

Doxadigital merupakan Digital Marketing Agency di Jakarta yang dapat membantu bisnis Anda dalam pembuatan video marketing.

Kami adalah Video Production House Jakarta menyediakan kebutuhan produksi video berupa iklan tv, company profile, sales video dan kebutuhan lainnya. Konsultasi Sekarang!

Please follow and like us:
crossmenu