Untuk pelaku bisnis online baru, Adwords mungkin hal yang cukup misterius namun menarik karena skema pembayaran PPC atau Pay Per Click disertai target keyword serta lokasi yang jelas menawarkan program iklan cerdas dengan budget yang sangat efektif. Namun, tidak jarang pertanyaan-pertanyaan mendasar ini timbul dalam benak pebisnis online. Dan inilah rangkuman yang sering ditanyakan oleh calon klien kami yang mungkin dapat membantu pemahaman anda sedikit lebih dalam tentang hal ini.

Platform Adwords disediakan gratis oleh Google, semua bisa menggunakannya, cara penggunaan tersebar di Internet, mengapa saya memerlukan jasa Adwords pihak ketiga?
Alasan utama adalah waktu, sebagai pelaku bisnis dengan menyerahkan optimasi Adwords pada pihak ketiga, anda memiliki waktu lebih banyak untuk berfokus pada operasional bisnis anda. Bayangkan anda harus menghabiskan waktu untuk mempelajari platform Adwords, melakukan uji coba, belum menghadapi kegagalan bisa terjadi terhadap kampanye anda.

Alasan lain adalah pengalaman dan keahlian. Ya, pihak layanan jasa Adwords profesional tentunya sudah sangat familiar dengan platform dan optimasi Adwords. Analoginya hampir sama seperti bermain saham dalam dunia investasi. Anda bisa melakukan jual beli saham sendiri, tapi ada banyak sekali faktor yang perlu anda kuasai. Lalu, bagaimana solusinya? Gunakan manajer investasi (beli reksadana), otomatis walau anda perlu mengeluarkan sedikit biaya namun investasi anda lebih aman karena adanya monitoring dan penanganan terhadap investasi anda secara berkala.

Alasan terakhir adalah penghematan. Ya ini penghematan! Karena suksesnya kampanye Adwords anda melibatkan multidisipliner. Seorang Adwords staff diperlukan untuk melakukan optimasi Adwords. Seorang webmaster diperlukan untuk mengoptimasi halaman. Seorang copywriter (penulis naskah) diperlukan untuk mengoptimasi kata dalam iklan maupun halaman anda. Seorang designer diperlukan untuk membuat gambar visual pada banner anda. Dan yang terakhir seorang web analytics practicioner diperlukan untuk menganalisa apakah kampanye sudah berjalan optimal, dan iklan mana yang menghasilkan benefit bagi bisnis anda. Jika anda membangun tim anda sendiri, bisa dibayangkan biaya bulanan yang perlu anda keluarkan?

Adwords dan SEO, mana yang lebih dahulu?
Kami menyarankan Adwords bila anda ingin melihat respon pasar secara cepat (seperti pengenalan produk/product launching) atau bila program kampanye anda berfokus untuk menghasilkan penjualan. SEO disarankan bila anda lebih memilih program jangka panjang. Untuk lebih jelas mengenai kelebihan dan kekurangan Adwords maupun SEO, dapat melihat halaman “SEO vs SEM: Perbedaan Pencarian Organik dan Berbayar“.

Darimana saya bisa yakin kalau biaya iklan itu murni diklik oleh calon pelanggan, bukan kompetitor atau bahkan akal-akalan dari pihak Google?
Hubungan antara Google, pengiklan, dan penayang dibangun atas dasar kepercayaan. Inilah kalimat pertama yang merupakan jawaban resmi dari Google. Memang anda tidak bisa meminta pembuktian secara tertulis karena begitu banyak faktor teknis dalam platform Adwords, namun pertimbangkan hal ini:

  • Iklan merupakan pendapatan utama Google saat ini. Jadi, Google secara terus menerus akan menjaga aset (baca: Adwords) ini sehingga banyak orang meraih manfaat. Jadi, bila banyak orang dirugikan mungkin Adwords tidak seperti sekarang bukan?
  • Google akan mengembalikan dana bila suatu tindakan dari pengguna Google dianggap tidak valid. Ada dua pelaku yang mungkin masuk dalam kategori ‘nakal’, yang pertama adalah kompetitor anda, yang ingin menghabiskan budget harian anda, yang kedua adalah penayang/publisher, yang ingin mendapatkan komisi saat iklan Google diklik dalam situs mereka (Ya, Google bekerja sama dengan jutaan pemilik situs dan blogger untuk dapat menampilkan iklan dalam situs mereka). Namun tidak usah khawatir, tentunya terdapat algoritma yang diperlukan agar Google dapat menjaga kenyamanan para pengiklannya.

Bagaimana dengan sistem atau human error dari Google yang mungkin terjadi? Tidak bisa dipungkiri ini mungkin terjadi, namun kembali pada kalimat pembuka paragraf diatas bahwa hubungan antara Google, pengiklan, dan penayang dibangun atas dasar kepercayaan. Lebih jelasnya silahkan klik di sini.

Saya pernah gunakan pihak ke-3 lain dan tidak ada hasil, mengapa sekarang saya harus memilih anda?
Sebenarnya tidak ada garansi hasil yang bisa diberikan oleh konsultan manapun terhadap strategi yang diimplementasikan. Lalu bagaimana menilainya? Intinya pastikan anda berhubungan dengan jasa Adwords profesional dan bukan hanya ‘tukang’ pemasang iklan. Seorang konsultan harusnya bisa menganlisa peluang dan menjabarkan program bagi bisnis anda.

——————————————-

Masih memiliki pertanyaan seputar Adwords atau ingin berhubungan dengan konsultan Adwords kami? LIhat halaman jasa iklan google ads atau hubungi 0215324093, tim kami akan segera merespon anda.

Doxadigital Creative & Digital Agency Jakarta, Indonesia


  • : info@doxadigital.com
  • : 021-5324093/94
  • : Jalan Kebon Jeruk Raya No.9 Blok C4, Ruko Permata
    Jakarta 11530, Indonesia

Pin It on Pinterest

Share This