Sebenarnya Anda tidak harus mengeluarkan uang yang banyak untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari iklan di Google Adwords. Anda hanya perlu memastikan budget yang anda sediakan (bahkan jika jumlahnya terbatas) tidak digunakan sia-sia.

Lalu, apa saja yang perlu dilakukan agar budget tersebut bisa menghasilkan? Berikut adalah 10 tips untuk menjalankan kampanye Adwords yang sukses.

1. Tujuan yang jelas
Hal yang paling penting dalam menjalankan pemasaran dengan mesin pencari (SEM) adalah memiliki tujuan yang jelas. Karena itu, setiap marketer perlu tahu tindakan apa yang anda ingin diambil oleh target market anda. Apakah itu mengisi form? Melakukan pembelian barang? Memberikan informasi kontak? Dengan mengetahui hal ini akan memperjelas tujuan dari kampanye iklan anda.

2. Tulislah iklan untuk target pelanggan anda
Ketika menulis iklan Adwords, ingatlah pelanggan ideal anda dalam pikiran anda. Mengapa? Karena dengan memfokuskan pikiran anda ke pelanggan tersebut, anda akan membuat sebuah iklan yang ingin diklik oleh pelanggan anda. Meyakinkan mereka untuk tertarik dengan produk yang ditawarkan, yang akan menuntun mereka untuk mengambil tindakan yang memang anda kehendaki.

3. Jangan menyesatkan pelanggan
Isi dari iklan anda harus sesuai dengan apa yang ada di landing page. Kata kunci tertarget sebaiknya digunakan di dalam konten pada landing page dan juga teks pada iklan. Pastikan setiap ad group relevan dengan landing page yang dipromosikan.

4. Gunakan kata kunci (keyword) negatif
Kata kunci negatif adalah kata kunci yang menghalangi iklan anda agar tidak dipicu oleh kata kunci lain yang tidak ada hubungannya dengan apa yang diiklankan. Kata kunci ini membantu untuk mengarahkan iklan anda agar dapat dimunculkan pada halaman pencarian yang relevan. Hasilnya adalah datangnya trafik dan leads yang lebih berkualitas pada halaman landing page anda.

5. Targetkan iklan anda
Untuk menjangkau target pelanggan yang tepat, anda harus membuat strategi penargetan yang kuat. Gunakan semua jenis kata kunci yang relevan untuk menargetkan audiens anda; mulai dari kata kunci exact match, phrase match, dan juga broad match. Jangan lupa gunakan juga geo-targeting agar anda dapat menjangkau pelanggan anda di daerah tertentu (misal daerah operasi bisnis anda). Selain itu, anda juga bisa menargetkan iklan anda berdasarkan jenis website anda. Manfaatkanlah semua opsi yang anda secara maksimal sehingga iklan anda bisa menarik perhatian target anda.

6. Jangan abaikan pengguna mobile
Saat ini penggunaan mobile sudah tidak bisa dilepaskan dari gaya hidup masa kini. Jadi, anda jangan sampai lupa untuk memilih mobile-preferred ads saat membuat iklan anda. Dengan begitu iklan anda akan tampak lebih friendly untuk diakses pengguna mobile. Keuntungannya? Pengalaman yang positif dari pengguna yang berujung pada angka konversi yang tinggi.

7. Jangan lupa tes, tes, dan tes
Okay, anda sudah tahu tujuan kampanye Adwords anda, jangan berhenti sampai di situ saja. Anda perlu melakukan pengujian dengan beberapa variasi supaya hasil yang anda dapatkan bisa lebih maksimal. Buatlah beberapa variasi dari kata kunci, copywriting, hingga desain dari landing page dan email yang dipakai. Monitor mana yang performanya yang paling baik, lalu pakailah iklan tersebut untuk kampanye anda.

8. Lacak hasil konversi
Kemampuan untuk melihat keywords yang mana yang bisa memicu penjualan atau lead sangat bermanfaat ketika anda mengatur tawaran dan mengoptimasi akun Adwords anda dalam rangka meningkatkan ROI. Karena itu, melakukan pelacakan konversi adalah suatu hal yang kritikal untuk dilakukan. Tanpa pelacakan yang benar, anda tidak akan bisa mengusut dan mempromosikan keywords, ads atau tema keywords yang membawa sukses. Selain itu, pelacakan konversi memungkinkan optimasi yang terus-menerus berdasarkan pada data yang langsung mampu menunjukkan pemahaman tentang hasil usaha yang telah dikeluarkan.

9. Memonitor dan memodifikasi kampanye
Ya, pada kenyataannya ini memang akan sangat merepotkan, terutama jika anda sendiri yang mengelola akun anda. Tetapi, dengan rajin melakukan monitoring dan modifikasi secara regular, anda akan dapat menekan biaya yang dihabiskan dengan cara menghilangkan kata kunci yang tidak efektif. Apa saja yang dapat anda lakukan untuk akun anda? Anda bisa memberhentikan keywords dan ads yang mempunyai CTR yang rendah. Anda juga bisa menurunkan keywords bid anda jika kampanye yang dijalankan sehingga dapat mendatangkan jumlah klik yang lebih banyak. Atau mengubah kata-kata yang dipakai untuk ads yang kinerja kurang memuaskan.

10. Manfaatkan fitur Remarketing
Fitur Remaketing yang disediakan oleh Google adalah tools hebat yang tidak banyak orang tahu. Padahal selama anda mengkonfigurasi dan melacak data-data dari pengunjung situs anda, anda bisa mengidentifikasi target yang dapat dikonversi dan memanfaatkan uang iklan anda dengan sebaik-baiknya.

——————————————-

Tertarik memasang iklan Adwords untuk bisnis anda? Klik halaman jasa iklan google ads atau hubungi 0215324093, tim kami akan segera merespon anda.

Doxadigital Creative & Digital Agency Jakarta, Indonesia


  • : info@doxadigital.com
  • : 021-5324093/94
  • : Jalan Kebon Jeruk Raya No.9 Blok C4, Ruko Permata
    Jakarta 11530, Indonesia

Pin It on Pinterest

Share This